Banner Iklan Media Jatim

Pamekasan Akan Bangun Gedung Perpustakaan Baru Rp10 Miliar

Perpus
(M. Arif/ Media Jatim) Pemustaka mencari buku di Gedung Pemuda, Jalan Kabupaten, Kelurahan Bugih, Kecamatan Pamekasan, Rabu (22/2/2023).

Pamekasan, mediajatim.com — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DKP) Pamekasan akan membangun gedung baru tahun ini. Anggarannya bersumber dari APBN Rp10 miliar.

Kepala DPK Pamekasan Prama Jaya menjelaskan, proyek gedung baru perpustakaan umum ini belum masuk tender di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

“Insyaallah mau dilelang antara April-Mei mendatang, sekarang kami masih menyiapkan persyaratan yang harus disetorkan,” ungkapnya saat dikonfirmasi mediajatim.com, Rabu (22/2/2023).

Prama memastikan, pembangunan gedung baru tersebut selesai akhir 2023, dan pada awal tahun 2024 sudah bisa ditempati.

“Kami akan memaksimalkan anggaran yang ada itu, sehingga bangunan yang baru ini nanti dapat menambah minat baca masyarakat Pamekasan,” tambahnya.

Menjelang pembangunan gedung baru ini, DPK memindahkan koleksi buku dan fasilitas perpustakaan ke Gedung Pemuda di Jalan Kabupaten, Kelurahan Bugih, Kecamatan Pamekasan sejak beberapa hari lalu.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Pamekasan Maskur Rasyid berharap anggaran pembangunan gedung baru dari pemerintah pusat dipastikan masuk terlebih dahulu.

“Jika nanti sudah turun sekian, kami akan langsung mengawasi proses pembangunan gedung baru tersebut,” katanya.(rif/ky)