MSFC DISPLAY WEB

Pemprov Jatim Bangun Monumen Reog di Ponorogo, Gubernur: Akan Menjadi Patung Tertinggi se-Indonesia

Media Jatim
Monumen Reog
(Dok. @Irwanlubis3) Masterplan Monumen Reog Museum Peradaban, di Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jumat (10/3/2023)

Surabaya, mediajatim.com — Pemerintah Provinsi Jawa Timur sedang membangun Monumen Reog dan Museum Peradaban (MRMP) Ponorogo di Penambangan Batu Kapur, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jumat (10/3/2023).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, pembangunan MRMP tersebut sudah dimulai sejak akhir tahun 2022 lalu. “Direncanakan akan rampung pada tahun 2024 mendatang,” ucapnya, Jumat (10/3/2023).

Orang nomor satu di Jawa Timur itu mengatakan, Monumen Reog Ponorogo akan mengalahkan rekor patung tertinggi di Indonesia yakni patung Garuda Wisnu Kencana.

“Tinggi patung GWK 121 meter, sedangkan Patung Monumen Reog 126 meter,” tukasnya.

Baca Juga:  Terkait Perlindungan Petani Tembakau, Aliyadi Mustofa Satu Misi dengan Gubernur Khofifah

Jadi, kata Khofifah, Monumen Reog ini nanti akan jadi patung tertinggi se-Indonesia.

Jika dilihat dari masterplannya, lanjut Khofifah, MRMP akan menjadi sesuatu yang melegenda, sehingga akan menjadi kebanggan bagi masyarakat Jawa Timur.

“Ini akan monumental dan melegenda, karena memiliki nilai sejarah yang tinggi,” tambahnya.

Lebih lanjut Khofifah menjelaskan, disekitar MRMP itu nanti juga akan dibangun resto, hotel, dan wisata, tentu tidak hanya di lintas lokal, tetapi mendunia.

“Monumen ini akan meningkatkan potensi market yang besar, karena akan terhubung dengan Wisata Sarangan dan Tawangmangu,” tutupnya.(hel/faj)