Satlantas Pamekasan Berharap Pengendara Sadar Helm Bukan Sekadar Hiasan Kepala

Media Jatim
Satlantas Pamekasan
(Dok. Media Jatim) Personil Satlantas Pamekasan mengatur lalu lintas kendaraan di ruas jalan Kota Pamekasan.

Pamekasan, mediajatim.com — Segala cara sudah dilakukan oleh Satlantas Polres Pamekasan dari tahun ke tahun untuk menekan angka dan fatalitas kecelakaan di Bumi Gerbang Salam.

Salah satu upaya yang sering dilakukan adalah sosialisasi kepada masyarakat utamanya siswa dan siswi yang ada di sekolah atau pondok pesantren.

Baik melalui media massa atau melalui banner peraga di jalan-jalan titik rawan kecelakaan.

Kasatlantas Polres Pamekasan AKP Mokhamad Munir menerangkan, bahwa sosialisasi itu untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas.

“Misalnya helm, masyarakat harus sadar bahwa helm bukan hiasan kepala,” ungkapnya, Jumat (10/3/2023).

Baca Juga:  33 PMI dari Malaysia Tiba di Pamekasan, Versi Rapid Test Dinyatakan Negatif Covid-19

Dia menegaskan, helm berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan. “Namun masyarakat belum sepenuhnya sadar akan hal itu, untuk itulah sosialisasi ini tetap wajib kami lakukan,” terangnya.

Munir mangakui bahwa kecelakaan kadang-kadang tidak bisa dihindari. Namun, tambah Munir, kecelakaan sangat bisa diminimalisir tingkat kefatalannya.

“Ya, caranya tertib berlalu lintas, dan ketertiban lalu lintas ini untuk kepentingan menyelamatkan masyarakat sebagai pengendara agar tidak terjadi kecelakaan,” paparnya.

Jika setiap pengendara tertib lalu lintas, lanjut Munir, maka kecelakaan akan semakin berkurang dan masyarakat akan merasa aman berkendara di jalan.

Banner Iklan Media Jatim

“Karena semua tertib, rambu tertib, kendaraan tertib dan cara berkendaranya juga tertib,” pungkasnya.(rif/ky)