MSFC DISPLAY WEB

Khofifah Indar Parawansa Terlibat Aktif dalam Tradisi Berebut Bunga Maqbara Sunan Ampel

Media Jatim
(Dok. Media Jatim) Khofifah Indar Parawansa membagikan bunga ke jamaah haul agung Sunan Ampel.
(Dok. Media Jatim) Khofifah Indar Parawansa membagikan bunga ke jamaah haul agung Sunan Ampel.

Surabaya, mediajatim.com — Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa tampak terkesima dengan aksi para jamaah di haul agung Sunan Ampel, Jumat (10/3/2023) malam.

Mereka “berebut” bunga maqbara di area pemakaman ulama Nusantara itu. Sedikit berdesakan, tapi tidak sampai saling dorong.

“Berebut bunga maqbara ini menjadi salah satu tradisi jamaah saat haul agung Sunan Ampel. Terlebih bunga yang dihias indah berjenis melati dan mawar yang wangi,” ungkap Khofifah Indar Parawansa kepada mediajatim.com.

Nah, agar tidak merusak bunga yang sudah ditata itu, maka Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat NU itu sengaja membawa ‘bekal’ bunga ke maqbara.

Baca Juga:  Proses Hukum Penyebar Hoaks Peta Sebaran Covid-19 di Situbondo Tetap Berjalan

Setelah selesai, bunga-bunga tersebut Khofifah bagikan ke jamaah haul agung Sunan Ampel ke-546 sampai habis tidak tersisa.

“Siapa yang datang ke haul agung Sunan Ampel khusus jamaah putri?,” tanya Khofifah yang dilansir di akun instagramnya khofifah.ip, Sabtu (11/3/2023).

Khofifah mengajak kepada seluruh elemen kemasyarakatan untuk terus merawat tradisi leluhur. Sebab, mereka telah berjuang secara total untuk “melembutkan” karakter bangsa ini. (*/nam)