Akhil Rahmatullah dan Falinda Desi Kamaliya Jadi Kacong tor Cebbing Sumenep 2023, Kadisbudporapar: Harus Ahli Bersosialisasi

Media Jatim
Kacong tor Cebbing Sumenep
(Dok. Helmi Kahaf) Duta Wisata Kacong tor Cebbing Sumenep 2023 terpilih, Akhil Rahmatullah dan Falinda Desi Kamaliya, tengah berpose dengan salah satu juri, Helmi Kahaf, usai menerima penghargaan, Sabtu (18/3/2023).

Sumenep, mediajatim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melaksanakan Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kacong tor Cebbing di Gedung Campaka, Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura, Sabtu (18/3/2023).

Diketahui, 24 orang yang akan dipilih menjadi Duta Wisata Kacong tor Cebbing pada ajang tersebut, merupakan putra-putri terbaik Sumenep yang lulus seleksi dari keseluruhan peserta sebanyak 63 orang.

Melalui berbagai tahapan seleksi, Akhil Rahmatullah dan Falinda Desi Kamaliya dinobatkan sebagai Duta Wisata Kacong tor Cebbing Sumenep tahun 2023.

Penobatan Duta Wisata Kacong tor Cebbing Sumenep itu berdasarkan penilaian dari berbagai juri, di antaranya, Runner Up Putri Indonesia Jawa Timur 2023 Renata Wardhani, dan Dosen Manajemen Perhotelan Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya Malang Ahmad Faidlal Rahman.

Baca Juga:  Sambangi Korban Banjir Bandang, Irma Lumiga Bawa Bantuan Dari Bali

Selanjutnya, juga ada Ketua Umum Ikatan Raka Riki Jawa Timur Helmi Kahaf, Sastrawan dan Budayawan Sumenep Ibnu Hajar, Pakar Rias dan Pakaian Tradisional Sumenep Fifi Soefiati serta Jurnalis Moh. Hayat, yang terlibat sebagai juri dalam malam anugrah Kacong tor Cebbing Sumenep tersebut.

Mewakili Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep Moh. Iksan mengatakan bahwa Pemilihan Duta Wisata Kacong tor Cebbing memiliki banyak manfaat pada seluruh pemuda dan pemudi di Kota Kerris ini.

“Kegiatan tersebut sangatlah positif, karena para pemuda bisa lebih leluasa dalam membuat terobosan-terobosan,” ungkapnya saat memberi sambutan, Sabtu (18/3/2023).

Menurutnya, kreativitas putra-putri terbaik di Sumenep harus mampu mempromosikan keunikan dan kekayaan alam di Kabupaten ujung timur Madura ini.

Baca Juga:  Kapasitas RSUD Bangkalan Penuh, Gugus Tugas Jadikan Balai Diklat sebagai RS Darurat

“Kami butuh kreativitas dan terobosan pemuda dalam mempromosikan berbagai keunikan di Sumenep pada wisatawan, baik lokal, regional hingga mancanegara,” tegasnya.

Atas dasar itu, pihaknya menginginkan siapa pun yang terpilih menjadi Duta Wisata Kacong tor Cebbing Sumenep 2023, harus memiliki keahlian dalam berkomunikasi.

“Duta Kacong Cebbing harus ahli bersosialisasi, baik itu secara langsung atau melalui sarana teknologi,” pungkasnya.

Diketahui, Pemilihan Duta Wisata Kacong Cebbing Sumenep juga dihadiri oleh berbagai pihak, di antaranya, Rektor UNIBA Madura Rachmad Hidayat, Disbudporapar Sumenep, Ketua Komisi IV DPRD Sumenep Akis Jasuli, Anggota DPRD Komisi IV Masdawi dan Pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Prof. Dr. Achsnaul Qosasi.(mj12/faj)