Banner Iklan Media Jatim

Tebing Jalan Provinsi Longsor, BPBD Pamekasan Sebut Masih Ada Potensi Susulan

Longsor
(Abdul Kholisin/Media Jatim) Tebing Jalan Raya Pamekasan-Pakong mengalami longsor, Senin (17/4/2023).

Pamekasan, mediajatim.com — Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Pegantenan, Kadur dan Pakong, Senin (17/4/2023) menyebabkan tebing Jalan Raya Pamekasan-Pakong longsor.

Lokasi longsor ini terletak di Desa Pamoroh, Kecamatan Kadur, tepatnya, pada tebing sisi timur jalan raya dekat Balai Desa Pamoroh.

Salinan dari atas dedikasinya selama 5 tahun, menggagas banyak terobosan, menciptakan program-program lompatan dan berguna bagi masa depan Pamekasan_20230925_204820_0000
20230925_204733_0000
20230925_203345_0000

Analis Kebencanaan Ahli Muda Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan Budi Cahyono menerangkan bahwa tim penanganan sudah berada di lokasi.

“Longsornya satu titik, satunya lagi pohon roboh,” ungkapnya saat dihubungi mediajatim.com, Senin (17/4/2023).

Budi menerangkan, longsor ini menjadi wewenang provinsi sebab terjadi di ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Kewenangan provinsi, kita sambil lalu koordinasi dengan provinsi, data-datanya kita kirimkan ke UPT Binamarga Provinsi,” imbuhnya.

Terkait kondisi tanah, Budi menyebut bahwa tanah di sekitar jalan dari Desa Pamoroh, Kecamatan Kadur hingga Desa Bulangan Haji, Kecamatan Pegantenan sudah mengalami titik jenuh.

“Sudah titik jenuh menyerap air, dikhawatirkan jika terjadi hujan sedang dan berlangsung cukup lama, dimungkinkan terjadi longsor lagi, masih ada potensi,” paparnya.

Baca Juga:  Masih Terlihat Memilah Ikan di Atas Kapal Lalu Nelayan Pamekasan Ini Hilang, Polisi Kesulitan Ungkap Kronologi

Apalagi, tambah Budi, tebing yang longsor hampir menyentuh ruas jalan utama Pamekasan menuju wilayah utara dan dilalui kendaraan-kendaraan berat.(ak/ky)