Semarak Harlah Lakpesdam NU di Sumenep: Gelar Lomba Video Sinematik dan Desain Poster, Dipungkasi Khatmil Quran

Media Jatim
(Dok. Media Jatim) Lakpesdam NU Sumenep sukses menggelar tasyakuran harlah ke-38.

Sumenep, mediajatim.com — Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep menggelar tasyakuran hari lahir (harlah) ke-38. Kegiatan ini dilaksanakan di penghujung bulan suci Ramadan 1444 Hijriyah, tepatnya Rabu (19/4/2023) .

Peringatan harlah ke-38 ini juga diisi sejumlah kegiatan, seperti khatmil quran dan lomba video sinematik dan desain poster. Sebagai lembaga departementasi NU di bidang pemberdayaan, Lakpesdam NU juga melibatkan LTNNU Sumenep dan Kopri PC PMII Sumenep sebagai penyelenggara.

Ketua PCNU Sumenep KH A Pandji Taufiq, mengapresiasi kegiatan yang digagas Lakpesdam NU Sumenep. Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan berkolaborasi dengan lembaga-lembaga merupakan bentuk solidaritas dan sinergi yang perlu terus dikembangkan.

“Terima kasih kepada Lakpesdam, dan juga lembaga serta banom lainnya yang terus berjuang memasifkan kegiatan-kegiatan ke-NU-an di Sumenep,” ujarnya saat menyampikan sambutan.

Baca Juga:  Genap Berusia Empat Tahun, AJB Santuni Anak Yatim

Mantan Ketua Yayasan Pondok Pesantren Annuqayah itu lantas bersyukur, berkat perjuangan semua pihak, kegiatan NU selama bulan Ramadan massif dilaksanakan. Bukan hanya di tingkat PCNU dan MWCNU, bahkan sekelas ranting dan anak ranting pun turut serta mengisi bulan puasa dengan ragam kegiatan positif melalui NU.

Ketua panitia Nurus Syamsi mengatakan, khatmil quran yang dilaksanakan juga dalam rangka mengikuti imbauan dari Rais PCNU Sumenep, KH Hafidhi Sarbini. Sehingga selama bulan suci Ramadan, Lakpesdam NU Sumenep menggelar dua kali khatmil quran dengan rangkaian kegiatan yang berbeda.

Pertama melibatkan KPU, Bawaslu dan PC ISNU Sumenep mengkaji perihal demokrasi dan Pemilu 2024. Kemudian yang kedua sekaligus memperingati harlah Lakpesdam ke-38. Di kegiatan ini juga dilangsungkan penganugerahan pemenang lomba video sinematik dan desain poster.

Baca Juga:  Heriyanto Ungkap Kesalahan Fatal Guru PAUD

“Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat menyukseskan kegiatan ini. Utamanya kepada LTNNU PCNU Sumenep dan Kopri PC PMII Sumenep yang sedari awal bersama-sama memasifkan kegiatan ke-NU-an,” terangnya.

Sebagai informasi, pemenang lomba sinematik dalam rangka tasyakuran Harlah ke-38 Lakpesdam NU diraih oleh Ach Rofiq dari Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep. Kemudian untuk lomba desain poster diraih oleh M Hasyim juara 1, Robect Alfaroh juara 2 dan Yuliana Putri juara 3. Ketiganya merupakan mahasiswa Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) Guluk-Guluk.

Diketahui, kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan lembaga dan banom NU ini juga dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Juga diketengahkan pemotongan tumpeng sebagai rasa syukur harlah Lakpesdam yang sudah sampai di usia 38 tahun. (*/nam)