Sudah Hari ke-9, Tak Ada Bakal Caleg Daftar ke KPU Pamekasan

Media Jatim
KPU Pamekasan
(M. Arif/Media Jatim) Pegawai yang bertugas menerima pendaftaran Bakal Caleg sedang menunggu pendaftar di Kantor KPU Pamekasan, Jalan Brawijaya Indah, Nomor 34, Kelurahan Jungcangcang, Pamekasan, Selasa (9/5/2023).

Pamekasan, mediajatim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka Pendaftaran Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sejak tanggal 1 hingga 14 Mei 2023 nanti.

Banner Iklan Media Jatim

Namun hingga saat ini, KPU Pamekasan belum menerima satu pun berkas pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari partai yang akan berkompetisi pada pesta demokrasi 2024 nanti.

Divisi Teknis Penyelenggara KPU Pamekasan Moh. Amiruddin menjelaskan, belum ada partai yang mendaftarkan Calegnya, meski pendaftaran sudah berjalan selama 9 hari.

“Menurut informasi, Nasdem mau mendaftar tanggal 10 besok, lalu PDIP pada tanggal 11, PKB, PAN, PKS dan Gelora pada tanggal 12 serta Gerindra pada tanggal 13 Mei, namun hal ini bisa berubah, tergantung kesiapan Parpol masing-masing,” ucapnya, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga:  Enggan Lengkapi Persyaratan, Bacaleg di Pamekasan Tidak Lolos Verifikasi

Kata Amir, KPU Pamekasan sudah siap 100 persen untuk menerima pendaftar Bacaleg. “Mungkin Parpol masih melengkapi berkas, makanya hingga saat ini belum ada pendaftaran yang masuk, yang penting tidak melewati batas pendaftaran,” ucapnya.

Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Pamekasan Wazirul Jihad mengaku masih melengkapi persyaratan administrasi. Insyaallah, tutur Wazir, PPP akan mendaftarkan semua Bacalegnya sesuai jadwal yang ditetapkan KPU.

“Kendalanya kelengkapan administrasi yang belum rampung, kalau Calegnya alhamdulillah sekitar 45 kader yang akan mendaftar,” ungkapnya, Selasa (9/5/2023).

Menurut Koordinator Kompolan Pojok Surau (KPS) tersebut, pihaknya menargetkan bisa memperoleh 15 kursi di parlemen 2024 nanti. “Untuk waktu pendaftaran masih belum jelas, namun dalam waktu dekat pastinya,” ujarnya.

Baca Juga:  KPU Pamekasan Akan Buka Lowongan Penyelenggara Pemilu 2024 untuk 22 Ribu Orang

Ketua Demokrat Pamekasan Ismail menjelaskan, saat ini masih menunggu instruksi dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Demokrat soal pendaftaran Bacaleg ke KPU.

“90 persen berkas Bacaleg sudah dilengkapi. Insyaallah antara besok atau lusa kami akan mendatangi KPU dengan target enam hingga delapan kursi lolos di parlemen,” ujarnya, Selasa (9/5/2023). (rif/faj)