Perkuat Pendidikan Anak di Era Digital, Yayasan Al Hidayah Sumenep Gelar Seminar Parenting Skill

Media Jatim
Pendidikan Anak
(Dok. Media Jatim) Yayasan Al-Hidayah gelar Seminar Parenting Skill di Gedung Korpri, Desa Kolor, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis (18/5/2023).

Sumenep, mediajatim.com — Yayasan Al Hidayah Sumenep mengadakan Seminar Parenting Skill di Gedung Korpri, Desa Kolor, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis (18/5/2023).

Seminar yang bertajuk, “Tantangan Mendidik Anak di Era Digital” ini, turut mengundang seluruh wali murid dan semua guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT), Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) dan Madrasah Aliah Terpadu (MAT) Al Hidayah Sumenep.

Ketua Yayasan Al Hidayah Sumenep Abdus Salam mengatakan, seminar tersebut digelar untuk memperkuat pendidikan anak, utamanya di era digital saat ini.

Karena diakui atau tidak, kata Abdus Salam, tantangan di era digital saat ini berpengaruh terhadap mental dan kondisi psikologi anak-anak.

Baca Juga:  Rayakan HUT ke-123, Pegadaian Syariah Sumenep Buka Bersama dan Santuni 50 Anak Yatim

Karena itulah, lanjut Abdus Salam, seminar ini diharapkan dapat menambah wawasan para orang tua dalam mendidik anak-anaknya di era digital.

Sehingga, ucap Abdus Salam, para orang tua bisa mengantisipasi dampak-dampak buruk teknologi bagi anak-anaknya.

“Tanpa melibatkan orang tua, era digital ini tidak akan mendatangkan efek positif bagi anak, sebaliknya justru akan menggerus nilai-nilai moral,” ungkapnya, Kamis (18/5/2023).

Pendidikan antara anak dan orang tua, sambung Abdus Salam, harus terus digalakkan untuk melahirkan generasi unggul dan taat beragama. “Kami akan terus melakukan edukasi-edukasi seperti ini ke depan,” ujarnya.

Baca Juga:  Aksi PMII Sumenep Desak Polres Berantas Narkoba Ricuh, Polisi Pukul Demonstran hingga Luka

Bahkan pihaknya juga menggagas kegiatan paguyuban wali murid yang pertemuannya akan dilaksanakan setiap satu atau dua bulan.

Diketahui, kegiatan ini turut mengundang motivator, Misbakhul Huda, sebagai pemateri.

Dalam seminar tersebut, Misbakhul Huda memberi arahan kepada para peserta terkait efek positif dan negatif internet bagi anak, cara mendampingi anak di era digital dan pentingnya komunikasi yang baik antara anak dan orang tua.(mj12/faj)