IAIN Madura Kirim 12 Peserta ke PWN PTK XVI 2023 di Gorontalo, Rektor: Ini Silaturahmi Keberagaman!

Media Jatim
IAIN Madura
(Dok. Media Jatim) Kontingen IAIN Madura didampingi Rektor Saiful Hadi mengikuti PWN PTK XVI 2023 di Bumi Perkemahan Kampus 2 IAIN Sultan Amai Gorontalo, Senin (22/5/2023).

Nasional, mediajatim.com — IAIN Madura ikut serta dalam Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) XVI Tahun 2023 di IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Pada PWN PTK XVI 2023 yang digelar selama enam hari ini–22-27 Mei 2023–IAIN Madura mengirimkan 12 peserta; enam putri dan enam putra ditambah dua pembina.

Pembina Putra Pramuka IAIN Madura Mad Sa’i menuturkan, PWN PTK adalah perkemahan tingkat pandega yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) RI dua tahun sekali.

“Kegiatan ini dibuka langsung oleh Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas tadi,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Senin (22/5/2023).

Dalam kegiatan nasional ini, IAIN Madura ditargetkan mampu mengukir prestasi. “Paling tidak kita berpartisipasi dan menunjukkan eksistensi kita bahwa kita bisa bersaing,” sambungnya.

Baca Juga:  Lugas saat Debat Cawapres, Aliyadi Mustofa Yakin Gus Imin Dongkrak Elektabilitas Pasangan AMIN

Mad Sa’i menambahkan, hal yang menarik dari PWN kali ini ialah adanya kegiatan kolaboratif antarpeserta.

“PWN ini mendorong lahirnya karya ilmiah kolaboratif, peserta akan diutus untuk melakukan pengabdian di satu wilayah di Gorontalo dan hasilnya akan berbentuk karya ilmiah,” paparnya.

Pada PWN ini, selain perkemahan, juga ada kegiatan khusus forum rektor, pimpinan kontingen dan pembina pramuka.

“Yang hadir selain kita yakni Pak Rektor dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) IAIN Madura,” terangnya.

Terpisah, Rektor IAIN Madura Dr. Saiful Hadi berharap pada PWN yang bertajuk “Merawat Keragaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama” ini, para peserta bisa mendalami makna penting moderasi beragama.

Baca Juga:  Hancurnya Masjid, Hancurnya Indonesia

“Ini juga dalam rangka memperkuat konsep-konsep dasar moderasi beragama yang dicanangkan kementerian agama yang nanti bisa diimplementasikan dalam berbagai pola kehidupan masyarakat,” terangnya.

Saiful Hadi menambahkan, banyak kegiatan pengabdian di PWN PTK XVI 2023 ini, di antaranya, ada materi kemaslahatan keluarga, pengurangan stunting, dan materi akademik.

“PWN ini juga diharapkan bisa memperteguh silaturahmi keberagaman dari berbagai suku di Indonesia yang tergabung dalam lingkungan PTK di bawah Kemenag RI, sebab, kegiatan ini juga diikuti Perguruan Tinggi Agama Kristen Negeri dari Manado,” pungkasnya.(*/ky)