SMPN 3 Sumenep Gelar Purwasiaga ke-44, Kepala Sekolah Titip Nama Baik Almamater ke 81 Lulusan

Media Jatim
SMPN 3 Sumenep
(Moh. Faiq/Media Jatim) Sebanyak 81 Siswa SMP Negeri 3 Sumenep mengikuti Purwasiaga ke-44 di Gedung Korpri, Desa Kolor, Kecamatan Kota, Sumenep pada Selasa (30/5/2023).

Sumenep, mediajatim.com — SMP Negeri 3 Sumenep sukses menggelar Purwasiaga (Purnawiyata Siswa SMPN 3 Sumenep) ke-44 dengan tema “Akantha Elmo Padhi, Sajan Aesse Sajhan Nondhu’” di Gedung Korpri, Desa Kolor, Kecamatan Kota, Sumenep pada Selasa (30/5/2023).

Pantauan mediajatim.com, peserta wisuda memasuki Gedung Korpri disambut dengan musik tradisional klenengan, yang dimainkan oleh siswa SMP Negeri 3 Sumenep.

Kepala SMP Negeri 3 Sumenep Syaiful Rijal Alinata mengatakan, pelaksanaan wisuda kali ini berbeda dari acara wisuda sebelumnya.

“Perbedaannya terletak di bagian penampilan siswa yang memainkan musik tradisional klenengan, kesenian topeng dalang dan penampilan dari kegiatan ekstrakulikuler sekolah, seperti tari, silat, dan karate,” ungkapnya, Selasa (30/5/2023).

Baca Juga:  Wisuda Sarjana ke-34 UNIRA Ketengahkan Tekad Peningkatan Akses Pendidikan, Rektor: Untuk Generasi Emas 2045!

Lebih lanjut pihaknya melaporkan, siswa SMP Negeri 3 Sumenep yang diwisuda pada Purwasiaga kali ini berjumlah 81 orang. “Para peserta wisuda datang dengan didampingi oleh kedua orang tuanya masing-masing,” imbuhnya.

Dari seluruh peserta wisuda, kata Syaiful, terdapat enam siswa yang berprestasi akademik dan nonakademik. Salah satunya, ada siswa yang juara 3 lomba tenis meja tingkat pelajar se-Jawa Timur.

“Pencapaian ini, tentu berkat bimbingan dan dukungan dari seluruh dewan guru dan orang tuanya,” tuturnya.

Pihaknya menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh elemen yang selama ini telah ikut mendidik siswa di SMP Negeri 3 Sumenep.

Baca Juga:  SMKN 1 Kalianget Sumenep Disegel Ahli Waris, Ratusan Siswa Terpaksa Belajar Daring

Syaiful berharap, siswa SMP Negeri 3 Sumenep dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. “Tetaplah berprestasi di sekolahnya nanti, bawa nama baik almamater SMP Negeri 3 Sumenep ini,” harapnya.

Perwakilan wisudawan SMP Negeri 3 Sumenep Dimas Nur Yusufi, yang pada kesempatan tersebut juga memberi sambutan, menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh dewan guru yang telah mendidik para siswa dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.

“Jasa-jasa bapak dan ibu guru semua, tidak akan pernah kami lupakan. Kami mohon maaf apabila selama ini terdapat banyak kesalahan. Mohon sambung doanya, semoga kami bisa sukses,” tutupnya.(fa/faj)