Bukit Lanjari Sumenep Jadi Objek Wisata dan Titik Festival Paralayang se-Jawa Timur 2023

Media Jatim
Lanjari Sumenep
(Dok. Media Jatim) Salah seorang peserta Festival Paralayang 2023 sedang menjajal ketinggian di Desa Soddara, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Minggu (4/6/2023).

Sumenep, mediajatim.com — Pemerintah Kabupaten Sumenep tidak henti-hentinya mempromosikan potensi wisatanya.

Tahun ini, Pemkab Sumenep melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) kembali mengenalkan potensi wisata Bukit Lanjari melalui Festival Paralayang se-Jawa Timur 2023.

Kadisbudporapar Sumenep Mohammad Iksan mengatakan, festival yang diselenggarakan di Desa Soddara, Kecamatan Pasongsongan itu menjadi ajang promosi wisata ke kancah Jawa Timur.

“Salah satu event yang kita selenggarakan adalah Festival Paralayang 2023, berlangsung dari tanggal 1 Juni dan ditutup pada hari ini, 4 Juni, dan alhamdulillah kunjungan wisata meningkat,” ungkap Iksan saat dikonfirmasi mediajatim.com, Minggu (4/6/2023).

Baca Juga:  Kepala Bea Cukai Madura Ajak Masyarakat Geser Pola Konsumsi dari Rokok Ilegal ke Legal

Festival ini, lanjut Iksan, telah dua kali diselenggarakan di Bukit Lanjari. “Tahun lalu dan tahun ini, dan kali ini event-nya tingkat Jawa Timur. Kita usahakan tahun depan bisa tingkat nasional,” imbuhnya.

Salah seorang pengunjung Bukit Lanjari asal Desa Pakondang, Kecamatan Rubaru, Abu Zairi, mengaku senang menonton Festival Paralayang 2023.

Dia menyebut festival semacam ini bisa berdampak positif bagi masyarakat sekitar sebab objek wisata pada umumnya akan membangkitkan pelaku UMKM setempat.

“Adanya festival ini disambut sangat positif oleh masyarakat, dan pasti masyarakat sekitar akan lebih terbuka wawasannya nanti dan UMKM akan hidup,” terangnya, Minggu (4/6/2023).

Baca Juga:  Di Bangkalan, Standar Kelakuan Baik Napi Ditentukan Asesor Internal Rutan

Untuk diketahui, kegiatan ini masuk dalam Kalender Event Sumenep 2023, dan festival ini dimeriahkan oleh ratusan pemotor listrik dan pameran bonsai.(mj12/ky)