Hampir Tiga Tahun Surat Kanim Tanjung Perak ke Pemkot Surabaya Tak Dijawab, Verico Datangi PWI Jatim

Media Jatim
Imigrasi dan PWI Jatim
(Dok. Media Jatim) Kakanim Kelas I TPI Tanjung Perak Surabaya Verico Sandi (dua kanan) bersilaturahmi ke Kantor PWI Jatim, dan ditemui Ketua Lutfil Hakim (tiga kanan), Selasa (6/6/2023).

Surabaya, mediajatim.com — Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak Surabaya Verico Sandi bersilaturahmi ke Kantor Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Timur (PWI Jatim), Selasa (6/6/2023).

Verico datang didampingi Seksi Humas Erlangga. Mereka diterima langsung Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim bersama jajaran pengurus.

Setelah memperkenalkan diri–Verico yang baru menjabat empat bulan menggantikan Indra Bangsawan itu–menyampaikan harapannya untuk terus bisa menjalin sinergisitas dengan wartawan di PWI Jatim.

Verico juga menyampaikan berbagai program yang sedang dan akan dilaksanakan ke depan. ”Yang utama adalah pelayanan kepada masyarakat terus kami tingkatkan,” terang Verico.

Verico memaparkan, ruang layanan di kantornya di Jalan Darmo Indah Nomor 21 sudah respresantatif dan berbasis smart office, sehinngga, masyarakat yang membutuhkan layanan bisa semakin nyaman.

“Alur layanan telah kami lalukan screening sejak pemohon datang di pintu masuk, ruang tunggu layanan terus kami upgrade agar pemohon semakin nyaman,” imbuhnya.

Baca Juga:  Jual Ular Python Molurus, Warga Gambiran Banyuwangi Dibui

Selain itu, lanjut Verico, fasilitas di ruang layanan sangat mudah diakses oleh pemohon dan tidak berbayar. “Kecepatan dan kenyamanan layanan jadi prioritas kami,” tuturnya.

Di sisi lain, Verico juga mengeluhkan lahan parkir di kantornya yang sempit.

“Kami sudah lama mengajukan permohonan ke Pemkot Surabaya untuk bisa mencarikan solusi, di antaranya supaya pemkot menghibahkan lahan yang ada di sekitar kantor kami,” bebernya.

Sayangnya, walaupun sudah hampir tiga tahun surat dikirim ke Pemkot Surabaya, sampai detik ini, belum ada jawaban.

“Selama ini kami melayani sekitar 200 pemohon setiap hari, kalau lahan parkir kita memadai, kita bisa tingkatkan sampai 400 pemohon,” ungkap Verico.

Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim yang didampingi Wakil Ketua Sokip, Bendahara Andy S, Seksi KUMHAM Jatmiko, dan beberapa pengurus, mengapresiasi kunjungan Kakanim Verico dan Airlangga ke PWI Jatim.

Baca Juga:  Dinkes Bondowoso Ajukan Tambahan Anggaran Covid-19 Sebesar Rp6,5 Miliar

“Terima kasih atas kunjungannya,” ujar Cak Item.

Cak Item menyampaikan sejumlah ide dan gagasan dalam kesempatan tersebut sebagai masukan untuk Kakanim Verico supaya Imigrasi Tanjung Perak bisa berbeda dengan yang lain.

Karena kalau berbicara peningkatan pelayanan, kata Cak Item, sudah menjadi keniscayaan.

Sementara untuk permasalahan lahan parkir, Cak Item memberikan berbagai pilihan. “Bisa juga kerja sama dengan pihak swasta,” usulnya.

Cak Item juga mengajak kepada Kakanim Verico untuk bersinergi guna meningkatkan kualitas SDM di lingkungan Imigrasi Tanjung Perak dan kalangan wartawan sehingga wartawan bisa menambah wawasan keimigrasian dan masyarakat luas bisa lebih paham kewenangan dan tugas-tugas yang selama ini dijalankan Kantor Imigrasi.(*/ky)