Pendaftar Calon Anggota Bawaslu Sampang Tembus 102 Orang, Kuota Perempuan Belum Terpenuhi

Media Jatim
Bawaslu Zona 1
(Dok. Media Jatim) Sejumlah pendaftar menyerahkan berkas ke Kantor Sekretariat Timsel Zona 1 di Perkantoran SIER, Office Center, Lantai III, Ruang 4 & 5 di Jalan Rungkut Industri Raya Nomor 10, Surabaya, Selasa (13/6/2023) lalu.

Surabaya, mediajatim.com — Masa pendaftaran calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Zona 1–Surabaya, Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep–diperpanjang dari yang semula 15 Juni ke 21 Juni 2023.

Perpanjangan pendaftaran ini dikhususkan untuk perempuan karena kuota 30 persen perempuan di Zona 1 belum terpenuhi.

Berdasarkan data yang diperoleh mediajatim.com, total pendaftar calon anggota Bawaslu Zona 1 yakni 395 dengan perincian Surabaya; 70 laki-laki dan 25 perempuan, Bangkalan; 37 laki-laki dan enam perempuan.

Kemudian Sampang; 100 laki-laki dan dua perempuan, Pamekasan; 55 laki-laki dan dua perempuan, lalu, Sumenep; 88 laki-laki dan 10 perempuan.

Baca Juga:  Diskop UKM Pamekasan Anggarkan Rp200 Juta untuk Bangun Kursi Pengunjung di Food Colony

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Zona 1 Bambang Sigit Widodo menerangkan, Sampang menjadi daerah terbanyak pendaftarnya.

“Saya kira atensi masyarakat atas pendaftaran ini cukup tinggi, buktinya pendaftar lumayan banyak yang kami terima, meski harus diverifikasi dahulu,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Senin (19/6/2023).

Namun, meskipun pendaftarnya ratusan, tambah Bambang, Timsel harus memperpanjang pendaftaran karena kuota pendaftar perempuan harus terpenuhi terlebih dahulu.

Setelah masa perpanjangan pendaftaran berakhir, tambah Bambang, namun pendaftar perempuan tetap tidak terpenuhi, maka Timsel akan melanjutkan ke tahap berikutnya.

Baca Juga:  Anak Usia 9 Tahun di Bangkalan Diduga Jadi Korban Pemerkosaan

“Akan dilanjutkan ke seleksi administrasi sesuai dengan ketentuan Timsel,” pungkasnya.(rif/ky)