Manfaatkan Lahan Sempit, Azana Style Front One Hotel Pamekasan Tanam Sayur Hidroponik

Media Jatim
Azana Hotel Madura
(Dok. Media Jatim) Sous Chef Azana dan Front One Hotel Pamekasan Saribudin menunjukkan sayur hasil hidroponik.

Pamekasan, mediajatim.com — Tidak semua hotel memiliki inovasi untuk menghemat pembiayaan. Dalam hal makanan misalnya, ada beberapa yang “terjebak” justru menurunkan rasa dengan bahan kualitas rendah.

Tidak dengan Azana Style Front One Hotel Pamekasan. Hotel termewah di Madura ini memilih untuk menghemat biaya pembelian bahan mentah makanan dengan menanam sayur-mayur secara hidroponik.

General Manager Azana Style Front One Hotel Pamekasan Dede Rahman menuturkan bahwa inovasi ini didorong upaya untuk memanfaatkan lahan hotel.

“Kebetulan kami ada karyawan alumnus jurusan pertanian, dan tahu ilmu menanam sayur secara hidroponik,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Senin (19/6/2023).

Baca Juga:  Polres Pamekasan Kirim 1 Truk Bantuan untuk Korban Banjir di Jawa Tengah

Melalui inovasi ini juga, kata Dede, Azana dan Front One Hotel ingin mengajak hotel lain di Madura untuk memanfaatkan lahan lebih produktif lagi.

“Sebenarnya kita sebagai pengelola hotel bisa melakukan saving cost tanpa harus membeli olahan makan dari luar, apalagi sayur yang diproduksi itu bisa dipantau kebersihannya, sehingga tidak diragukan lagi,” katanya.

Pada awal penanaman sayur hidroponik tersebut, lanjut Dede, pihaknya menemukan beberapa hambatan seperti gangguan hama tanaman, namun, setelah dua bulan berjalan, bisa diatasi dengan cepat.

“Dengan penanaman model hidroponik, sayur yang dihasilkan bisa lebih segar dan higienis, dan karena tidak menggunakan tanah jadi tidak memakan lahan banyak,” jelasnya.

Baca Juga:  Harga Garam Anjlok, BKNU dan LPPNU Pamekasan Minta Pemerintah Berpihak kepada Petani!

Tidak berhenti di situ, tambah Dede, kemungkinan pihaknya juga akan membuat kolam lele atau kreativitas lainnya sehingga bakat karyawan hotel bisa tersalurkan dan juga menguntungkan.

“Kita akan kembangkan segala potensi yang ada,” pungkasnya.(rif/ky)