SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan Gelar Lepas Pisah XII, Lulusan Dibekali Hafalan Munjiyat dan Terjemah Al-Baqarah

Media Jatim
SMP Plus Nurul Hikmah
(Fitria M/Media Jatim) Lepas Pisah SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan XII Tahun Pelajaran 2022-2023 di Hotel Cahaya Berlian, Sabtu (24/6/2023).

Pamekasan, mediajatim.com — SMP Plus Nurul Hikmah menggelar acara Lepas Pisah XII Tahun Pelajaran 2022-2023 di Hotel Cahaya Berlian Pamekasan, Sabtu (24/6/2023).

Lepas pisah yang diikuti 87 santri ini dihadiri Kasi Kesiswaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Munhari, Ketua Yayasan Usman Al-Farsy Supardi AS, para wali santri dan tamu undangan.

Kasi Kesiswaan Munhari meminta anak didik yang sudah lulus dan para alumni untuk tidak melupakan ustaz dan ustazah di Nurul Hikmah.

“Jalin silaturahmi dengan ustaz dan ustazah agar ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat, dan saya minta juga kepada wali santri untuk selalu mendoakan putra-putrinya agar semakin sukses ke depannya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Picu Kemacetan, Parkir Motor Nasabah BRI Luber Lebihi Bahu Jalan Kota Pamekasan

Sementara itu, Kepala SMP Plus Nurul hikmah Pamekasan Syaiful Bahri meminta para wali santri untuk mendukung anak-anaknya menjaga murajaahnya.

“Salah satu syarat kelulusan putra dan putri bapak ibu adalah tidak memiliki tanggungan hafalan munjiyat, yang terdiri dari Surah Yasin, Al-Mulk, dan Al-Buruj yang dibacakan bersama-sama di awal pembukaan tadi,” terangnya.

Selain itu, tambah Syaiful, alumni SMP Plus Nurul Hikmah telah dibekali kemampuan menerjemah surah Al-Baqarah kata per kata.

“Yang mana surah Al-Baqarah ini berisikan 70 persen kosa kata Al-Qur’an. Jadi tinggal menambah yang 30 persennya, dan menjaga 70 persen yang sudah dimiliki,” paparnya.

Baca Juga:  Tebar Kebahagiaan di Bulan Suci, SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan Santuni Anak Yatim dan Duafa 

Sambutan kepala sekolah ini diiringi dengan penampilan presentasi terjemah Surah Al-Baqarah oleh santri yang lulus dan dipilih secara acak.

Lalu, acara lepas pisah ditutup dengan penyerahan piala kepada para santri yang berprestasi baik di bidang akademik dan nonakademik.(mj15/ky)