Banner Iklan Media Jatim

PPDB Sampang 2023 Jenjang SD dan SMP Dibuka, Berikut Jalur Seleksi yang Tersedia

PPDB
(Dok. Media Jatim) Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Sampang Nomor 39 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis PPDB pada Satuan Pendidikan 2023 di Aula SMP 1 Sampang, Selasa (27/6/2023) lalu.

Sampang, mediajatim.com — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 di Sampang resmi dibuka dengan menggunakan tiga jalur seleksi untuk tingkat SD dan empat jalur seleksi untuk jenjang SMP.

Empat jalur seleksi peserta didik baru untuk tingkat SMP, yakni jalur zonasi dengan kuota siswa 55 persen, jalur afirmasi dengan kuota siswa 15 persen, jalur perpindahan tugas orang tua dengan kuota siswa 5 persen dan jalur prestasi dengan kuota siswa 25 persen.

Sementara untuk PPDB tingkat SD hanya menggunakan tiga jalur seleksi, yaitu jalur zonasi dengan kuota pelajar 75 persen, jalur afirmasi dengan kuota pelajar 20 persen dan jalur perpindahan tugas orang tua dengan kuota pelajar 5 persen.

Seleksi PPDB tingkat SD dan SMP di Sampang dimulai sejak hari ini hingga 8 Juli 2023. Sedangkan untuk hasil seleksinya, akan diumumkan pada 10 Juli 2023 mendatang. Disusul waktu daftar ulang bagi pendaftar yang lolos, yakni 11 hingga 14 Juli 2023.

Baca Juga:  Warga Singgung Bupati Sumenep: Jalan Kota Rusak Malah Ngurusi Rel Kereta Api!

Selanjutnya, semua SD dan SMP di Sampang akan melaksanakan Pra Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada 15 Juli 2023. Setelah itu baru masuk ke inti kegiatan MPLS pada 17 sampai 19 Juli 2023. Pada tanggal 17 Juli 2023 tersebut juga menjadi permulaan tahun pelajaran baru di Sampang.

Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Sampang Muhammad Imran menjelaskan, mekanisme PPDB sudah sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Sampang Nomor 39 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis PPDB pada Satuan Pendidikan 2023.

“Kuota siswa dari masing-masing jalur sudah disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Misal zonasi, porsi jalur ini banyak karena kebanyakan pelajar itu berasal dari lingkungan sekitar sekolah,” ungkapnya, Senin (3/7/2023).

Baca Juga:  Jelang Tutup Tahun 2022, PAD Sektor Wisata Pamekasan Baru Rogoh Rp32 Juta

Empat jalur seleksi tersebut disediakan, kata Imran, untuk mempermudah peserta didik yang ingin masuk sekolah sesuai latar belakangnya masing-masing.

“Seperti dari kalangan keluarga tidak mampu, maka bisa ikut jalur afirmasi dengan membawa surat keterangan bahwa dirinya masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk keluarga penyandang disabilitas juga masuk dalam kategori ini,” tuturnya.

Imran menambahan, 10 dari 617 SD di Sampang menggunakan sistem pendaftaran online. Sementara di tingkat SMP, ada 19 dari 293 sekolah yang menggunakan sistem pendaftaran online. Pendaftaran PPDB daring ini bisa melalui laman ppdbsampang.com.

“Kami berharap PPDB 2023 ini bisa berjalan sesuai dengan harapan dan semoga masyarakat Sampang mempunyai keinginan kuat untuk memasukkan anak-anaknya ke lembaga pendidikan sesuai jadwal yang ditentukan,” pungkasnya.(rif/faj)