PERIODE II

Mengenal Bansos Atensi, Bantuan Kemensos untuk Anak, Lansia, Kelompok Rentan dan Kaum Disabilitas

Media Jatim
Bansos
(Abdul Kholisin/Media Jatim) Penyerahan bantuan wirausaha berupa ayam kepada penerima manfaat oleh anggota UPT Sentra Margo Laras Pati kepada salah seorang warga Pamekasan, Kamis (21/7/2023).

Pamekasan, mediajatim.com — Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sentra Margo Laras Pati menyerahkan Bantuan Sosial (Bansos) Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) di Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pamekasan, Jumat (21/7/2023).

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Pamekasan Amir Mahmud mengatakan terdapat tiga jenis bantuan yang disalurkan sejak Kamis (20/7/2023) yaitu sembako, alat bantu dan kewirausahaan ternak.

“Hari ini kewirausahaan ternak, ada kambing, ayam, bebek dan lele. Kemarin itu ada alat bantu dengar, kursi roda dan tongkat untuk lansia,” jelasnya kepada mediajatim.com, Jumat (21/7/2023).

Baca Juga:  Penerima BLT DBHCHT di Sampang yang Jadi Pekerja Migran Indonesia Terancam Gagal Dapat Bantuan

Terkait Atensi, Koordinator Penyaluran Bansos Atensi Wahyu Sri menjelaskan, pada dasarnya bansos tersebut sama dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang tujuannya sama-sama untuk mensejahterakan masyarakat.

“Atensi ini disesuaikan dengan kebutuhan, masyarakat butuh apa, kami fasilitasi,” terangnya, Jumat (21/7/2023).

Namun kebutuhan tersebut, lanjut Wahyu, diperoleh dari hasil asesmen yang dilakukan oleh Kemensos melalui Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) selama 2022 lalu.

“Ada proses wawancara, survei dan segala macam. Dari proses itu ada yang butuh ternak, toko kelontong, pertanian, bengkel, itu nanti diajukan oleh teman-teman TKSK,” paparnya.

Baca Juga:  Jatah 3 Ribu Ton Pupuk Subsidi Pamekasan Tahun 2023 Hangus

Adapun penerima bantuan, kata Wahyu, terdapat empat klaster, yaitu kelompok lansia, kelompok rentan, anak, dan penyandang disabilitas yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Untuk kelompok lansia berupa sembako, kelompok rentan bantuan wirausaha, sementara untuk kaum disabilitas bantuan alat bantu dengar dan kursi roda,” pungkasnya.(ak/faj)