DPRD Sampang Minta Dinsos P3A Perketat Verifikasi Data Penerima BLT DBHCHT

Media Jatim
DPRD
(Dok. Media Jatim) Anggota Komisi IV DPRD Sampang Moh. Iqbal Fathoni.

Sampang, mediajatim.com — DPRD Sampang mengimbau penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2023 harus tepat sasaran.

IMG-20240220-WA0010
IMG-20240220-WA0008

Anggota Komisi IV DPRD Sampang Moh. Iqbal Fathoni mengatakan, Dinas Sosial  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) setempat harus lebih memperketat verifikasi penerima BLT DBHCHT 2023.

“Banyak keluhan yang kami terima dari buruh tani tembakau, bahwa mereka tidak terdata sebagai penerima BLT ini. Padahal harusnya mereka menerima sebab itu haknya,” ungkapnya, Kamis (7/9/2023).

Baca Juga:  Mengenal Bansos Atensi, Bantuan Kemensos untuk Anak, Lansia, Kelompok Rentan dan Kaum Disabilitas

Pria yang akrab dipanggil Fafan itu juga mewanti-wanti agar persoalan tahun lalu, seperti penerima bantuan dari Pamekasan dan banyak buruh tani yang tidak nerima bantuan agar tidak terulang lagi.

“Saya sudah menawarkan kepada Dinsos agar DPRD juga bisa membantu untuk melakukan verifikasi data penerima, namun hingga detik ini kami belum menerima keputusan dari Dinsos,” terangnya.

Lebih lanjut Fafan menjelaskan, BLT itu tidak boleh disalurkan secara politis. Artinya, penerimanya harus benar-benar valid sesuai fakta di lapangan, bukan malah orang luar Sampang yang menerima.

Baca Juga:  Tingkatkan Layanan Bedah Saraf, RSUD Smart Pamekasan Tambah Empat Bed di Ruang ICU

“Karena kalau ada keluhan, bukan ke siapa mereka mengadu, pasti ke kami sebagai perwakilan mereka. Makanya soal data penerima, saya minta diperketat saat verifikasi di lapangan,” ujarnya.

Sementara itu, mediajatim.com berupaya menghubungi Kepala Dinsos P3A Sampang Mohammad Fadeli via WhatsApp, namun hingga berita ini terbit yang bersangkutan tidak merespon.(rif/faj)