Jadi Pemateri Seminar Entrepreneurship PC IPNU Pamekasan, Annisa Zhafarina Paparkan Pentingnya Koneksi Bisnis

Media Jatim
Annisa
(Fitria M/Media Jatim) Dirut PT PBMB Madura United Annisa Zhafarina Qosasi saat memaparkan materi kepada peserta Seminar Entrepreneurship di Gedung PKP-RI Pamekasan pada Senin (18/9/2023).

Pamekasan, mediajatim.com – Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) Pamekasan menggelar Seminar Entrepreneurship dengan tajuk “Membangun Bisnis di Usia Dini” di Gedung PKP-RI Pamekasan, Senin (18/9/2018).

IMG-20240220-WA0010
IMG-20240220-WA0008

Hadir sebagai salah seorang pemateri dalam seminar tersebut, Direktur Utama PT PBMB Madura United Annisa Zhafarina Qosasi.

Perempuan yang akrab disapa Annisa itu memulai materinya dengan menjelaskan pentingnya memperkuat koneksi dalam bisnis.

Business is not about what you know but who you know. Jadi bukan apa yang kita tahu tapi siapa yang kita kenal. Bisnis yang kita bangun sangat bergantung pada siapa yang kita kenal, seperti teman, guru atau siapa pun,” jelasnya, Senin (18/9/2023).

Baca Juga:  Temukan Lima Bacaleg Ganda, KPU Probolinggo Minta Parpol Lakukan Klarifikasi 

Kata Annisa, ada tiga jenis koneksi dalam berbisnis. Pertama, koneksi bisnis secara formal, seperti menggelar seminar. Kedua, koneksi bisnis informal. Jenis koneksi bisnis yang kedua ini bisa dilakukan dalam lingkungan pertamanan kita sendiri. Ketiga, koneksi bisnis secara digital, misalkan melalui komunitas-komunitas bisnis online.

“Sebenarnya untuk mengembangkan bisnis tidak hanya dari tiga jenis koneksi ini. Ada banyak cara. Pokoknya, koneksi dalam berbisnis adalah bagaimana cara mengembangkan bisnis bersama orang lain untuk menjadikan bisnis tersebut lebih besar,” ungkapnya.

Dalam seminar ini, Annisa juga berbagi pengalamannya saat mengikuti program Union of Europe Football Associations (EUFA) Certificate in Football Management pada 2020 lalu.

“Saya satu-satunya wanita dari Asia, paling muda dan paling sedikit pengalamannya dibanding klub-klub sepak bola yang sudah besar. Setelah selesai, saya pulang dan ikut alumni association agar tetap bisa berkomunikasi,” terangnya.

Baca Juga:  Peralihan Pengelola KB Bisrus Shobir Diduga Cacat Hukum

Dari komunikasi itu, Annisa mengaku belajar banyak dari cerita-cerita para alumni program UEFA.

“Semua ilmu tersebut telah saya terapkan di Madura United. Contohnya, dulu visi misi Madura United belum jelas. Beda dengan sekarang. Karena saat ini kami tanamkan pentingnya visi misi membentuk klub dan manajemen untuk mencapai satu tujuan,” jelasnya.

Selain Annisa, hadir pula dua pemateri dalam Seminar yang digelar PC IPNU Pamekasan ini, yaitu Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi Dinas Koperasi dan Ketenagakerjaan Pamekasan Helda Yusita dan Owner RM Caesar Pamekasan Mashuri Toha.(mj15/faj)