PERIODE II

Pusat Jaminan Mutu UNIJA Tingkatkan Kinerja Kaprodi, Warek I Harap Pendidikan Kampus Lebih Berkualitas

Media Jatim
UNIJA
(Joni Suhartono/Media Jatim) Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UNIJA Mujib Hannan saat sambutan di acara Pelatihan Peningkatan Kinerja Kaprodi di Graha Sumekar kampus setempat, Rabu (8/11/2023).

Sumenep, mediajatim.com — Pusat Jaminan Mutu Universitas Wiraraja (UNIJA) Madura menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kinerja Kepala Program Studi (Kaprodi) di Graha Sumekar kampus setempat, Rabu (8/11/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh tujuh Wakil Dekan I, tujuh Unit Jaminan Mutu dan 19 Kaprodi di UNIJA Madura.

Wakil Rektor (Warek) I Bidang Akademik UNIJA Mujib Hannan mengatakan, tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kinerja Kaprodi dan Wakil Dekan I Bidang Akademik di masing-masing fakultas agar mutu pendidikan Kampus Cemara ini lebih baik.

Kata Mujib, ujung tombak penyelenggaraan pendidikan di kampus memang terletak pada Kaprodi.

“Seminggu yang lalu kami telah menggelar rapat tinjauan manajemen berdasarkan audit mutu internal. Salah satu rekomendasi dari rapat tersebut, Kaprodi melakukan evaluasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL),” terangnya, Rabu (8/11/2023).

Baca Juga:  Usai Didemo Masyarakat, Status RSIA Puri Bunda Pamekasan Berubah dari Umum ke Khusus

Jadi pelatihan ini, lanjut Mujib, merupakan tindak lanjut dari rekomendasi audit mutu internal. “UNIJA adalah perguruan tinggi swasta terbaik di Madura. Oleh karena itu, fakultas dan program studi wajib berbenah dan mempertahankan,” tuturnya.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hayam Wuruk Perbanas, Nurul Hasanah Uswati Dewi.

Menurut Nurul, masing-masing fakultas dan program studi di UNIJA perlu mengevaluasi diri apa saja yang telah dilakukan selama satu semester.

“Selama satu semester, dokumen apa saja yang dihasilkan, output apa saja yang dihasilkan dari aktivitas yang telah dilaksanakan,” paparnya, Rabu (8/11/2023).

Baca Juga:  Cek Bansos Website Kemensos RI Picu Masalah, Dinsos Sarankan Warga Cek Data Bayar

Lebih lanjut Nurul menjelaskan, para Wakil Dekan dan Kaprodi juga perlu melihat capaian pimpinan sebelumnya. Hal itu sebagai perbandingan dan bahan evaluasi untuk perbaikan.

“Namun juga yang perlu digarisbawahi, semua evaluasi ini harus berdasarkan indikator yang ada dalam standar mutu,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ini juga dihadiri oleh dekan dari masing-masing fakultas di UNIJA Madura.(mj21/faj)