Bentuk Generasi Sehat, PMM-DN III UTM Cegah Stunting dan Bersihkan Pantai Lon Malang Sampang

Media Jatim
UTM
(Dok. Humas UTM) Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM-DN) Angkatan III UTM saat melaksanakan kegiatan Kontribusi Sosial (Konsos) di Pantai Lon Malang, Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang, Minggu (3/12/2023).

Bangkalan, mediajatim.com — Mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM-DN) Angkatan III 2023 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melaksanakan kegiatan Kontribusi Sosial (Konsos) di area Wisata Pantai Lon Malang, Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang, Minggu (3/12/2023).

IMG-20240220-WA0010
IMG-20240220-WA0008

Kegiatan Kontribusi Sosial ini berupa penyuluhan pencegahan stunting terhadap anak usia dini dan penyerahan papan spanduk menjaga kebersihan pantai.

Dosen Pendamping Program PMM-DN III UTM Luthfi Awwalia mengatakan, pencegahan stunting perlu dilakukan sebagai upaya membentuk generasi sehat. Salah satu unsur untuk membentuk hidup sehat itu, menjaga kebersihan lingkungan.

“Makanya selain sosialisasi stunting, kami juga memberikan papan pemberitahuan kebersihan di Pantai Lon Malang,” ulasnya, Senin (4/12/2023).

Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo Triandiyantobanto, yang menjadi peserta PMM-DN III di UTM menerangkan, kegiatan ini adalah puncak dari program yang sudah berlangsung kurang lebih selama lima bulan bersama mahasiswa lain dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia terkait pengembangan ilmu pendidikan mengenal budaya-budaya di Madura.

Baca Juga:  9 Pensiunan ASN Bangkalan Masih Pakai Mobil Dinas, 5 di Antaranya Mantan Pegawai Sekretariat Daerah

“Kami memilih Lon Malang sebagai tempat kegiatan puncak, agar kami bisa mengenal langsung budaya dan potensi wisata di sana,” tuturnya, Senin (4/12/2023).

Mahasiswi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan Dastin Syafitri, yang juga menjadi PMM-DN III UTM menambahkan, Konsos ini dilakukan oleh tiga kelompok.

“Kelompok satu mengenalkan tarian nusantara oleh Angga Fitriyono, kelompok dua melakukan bersih bersih pantai Lon Malang dan pemberian bantuan papan spanduk pelestarian lingkungan oleh Ersya Faraby, dan kelompok tiga penyuluhan peduli stunting oleh Siti Fadjryana,” paparnya, Senin (4/12/2023).

Lebih lanjut Syafitri menjelaskan bahwa selain Konsos ini, PMM-DN III UTM itu juga punya beberapa kegiatan lain yang telah dilakukan. Misal belajar di kampus saat weekday, atau pengenalan kebudayaan di luar kampus saat weekend.

“Jika hari aktif kuliah, kami belajar di kampus, jika libur, kami belajar di luar kampus,” tuturnya.

Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang berasal dari Lhokseumawe Aceh Utara Nadila Purnama Sari merasa senang bisa diterima dalam Program PMM-DN III UTM. Menurutnya, UTM merupakan salah satu Universitas Negeri terbaik di Madura.

Baca Juga:  Sekda Pamekasan Instruksikan 8 OPD Berhati-hati dan Segera Optimalkan DBHCHT 2023 Rp134 Miliar!

“Semoga nanti banyak mahasiswa pertukaran dari luar Pulau Jawa yang memilih UTM,” tambah perempuan yang akrab disapa Sari itu, Senin (4/12/2023).

Sekretaris Desa Bira Tengah sekaligus pengelola wisata Pantai Lon Malang Juskiyanto mengucapkan terima kasih atas kegiatan sosialisasi dan papan pemberitahuan kebersihan lingkungan.

Masyarakat Bira Tegah, kata Juskiyanto, berharap mahasiswa PMM-DN III UTM bisa mengenalkan pantai Lon Malang ketika kembali ke daerah asalnya masing-masing.

“Kami berharap para mahasiswa membantu mempromosikan wisata minimal di tingkat nasional. Mengenai kebersihan wisata memang yang paling utama, baru setelah itu bagaimana menciptakan keamanan dan kenyamanan,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri Person in Charge (PIC) PMM-DN III UTM Siti Fadjryana Fitroh beserta tiga dosen pendamping, yakni Nusantara Luthfi Awwalian, Ersya Faraby dan Angga Fitriyono. Selain itu, juga ada mentor dari masing masing kelompok, yaitu A’thiyyatul Maula, Fita Rohmatussoliha dan Muhammad harun.

Hadir pula dalam kegiatan ini, warga sekitar Pantai Lon Malang, peserta didik TK dan 62 mahasiswa PMM-DN III UTM.(hel/faj)