Viral Video Puluhan Siswa TK di Pamekasan Pakai Kaus Prabowo-Gibran, Begini Tanggapan Bawaslu

Media Jatim
TK
(Dok. Schreenshot video) Puluhan siswa TK di Pamekasan mengenakan kaos Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Kamis (7/12/2023).

Pamekasan, mediajatim.com — Beredar video puluhan siswa-siswi TK di Desa Jambringin, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan menyorakkan nama pasangan Capres dan Cawapres Prabowo-Gibran, Kamis (7/12/2023).

IMG-20240220-WA0010
IMG-20240220-WA0008

Selain kompak meneriakkan Prabowo-Gibran, siswa-siswi ini juga memakai kaus bergambar salah satu pasangan Capres dan Cawapres RI tersebut.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan Sukma Umbara Tirta Firdaus mengaku sudah menginstruksikan kepada semua Panwascam untuk menelusuri sumber video tersebut.

“Dari hasil penelusuran kami, ternyata benar, anak-anak berseragam Prabowo-Gibran itu merupakan siswa-siswi TK di Desa Jambringin, Proppo. Saat ini masih ditindaklanjuti Panwascam setempat,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Jumat (8/12/2023).

Kata Sukma, jika benar kampanye tersebut melibatkan orang yang belum memiliki hak pilih, maka termasuk pelanggaran.

“Namun untuk saat ini, persoalan itu masih dalam tahap penanganan Panwascam Proppo, dan masih akan memanggil pihak terkait,” katanya.

Sukma mengatakan, Bawaslu Pamekasan masih belum bisa mengambil keputusan terkait video viral tersebut, sebab butuh klarifikasi dari semua pihak yang ikut dalam pembuatan video.

“Semua ada tahapannya, butuh klarifikasi, termasuk dari mana kaus itu didapatkan, apakah pemaksaan atau bagaimana, kami masih akan memastikan hal tersebut,” pungkasnya.(rif/faj)