PERIODE II

KM Laborar Tenggelam di Perairan Pulau Karamian Sumenep, Anak Enam Tahun Tewas!

Media Jatim
KM Laborar Tenggelam
(Dok. Media Jatim) KM Laborar tenggelam di Perairan Pulau Karamian, Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Rabu (20/12/2023).

Sumenep, mediajatim.com —
Kapal Motor (KM) Laborar tenggelam di Perairan Pulau Karamian, Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Rabu (20/12/2023) pagi.

Kapal yang akan berlayar menuju ke Kalimantan Selatan tersebut membawa 16 penumpang dan 32 ekor sapi.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas lll Masalembu Rahmat Rahim menerangkan, KM Laborar mengalami kecelakaan saat akan berlayar dari Pulau Karamian, Kecamatan Masalembu menuju Desa Asam Asam, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

“Kejadiannya tadi sekitar subuh. Seorang anak usia sekitar enam tahun meninggal dan 29 ekor sapi tak bisa diselamatkan,” ujar Rahmat, Rabu (20/12/2023).

Baca Juga:  Final, Jadwal Resmi SSC 2018

Dugaan sementara, kata Rahmat, Laborar alami laka laut karena terlalu banyak barang muatan. Akibatnya, perahu yang baru akan berangkat itu miring dan terbalik.

Dan diketahui, KM Laborar ini dinakhodai oleh seorang pria asal Pulau Masalembu yang menetap di Desa Asam Asam, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut bernama Nispu bersama dua anak buah kapal (ABK).

“Kami menyayangkan atas kejadian ini, apalagi sampai ada korban jiwa,” imbuh Rahmat.

Rahmat mengaku sudah mewanti-wanti kepada masyarakat yang akan berlayar agar melaporkan ke pihak KUPP Masalembu. “Apalagi dengan memuat sapi,” katanya.

Baca Juga:  Baidlowi Ungkap Strategi Sukses PPP di Papua

Adapun tujuan melaporkan kegiatan pelayaran, ungkap Rahmat, ialah agar KUPP Masalembu bisa melakukan pengawasan dan memastikan kapasitas perahu.

“KM Laborar ini tidak melaporkan kepada kami bahwa akan melakukan pelayaran,” pungkasnya.(mj21/ky)