PERIODE II

Hujan dan Angin Kencang di Pamekasan Terjang 40 Bangunan, BPBD: Bantuan Masih Dibahas!

Media Jatim
Bangunan
(Dok. Media Jatim) Atap rumah salah seorang warga Desa Panaan, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan rusak akibat hujan dan angin kencang, Selasa (16/1/2024) kemarin.

Pamekasan, mediajatim.com — Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa pohon besar dan puluhan bangunan di Desa Panaan dan Potoan Laok, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Selasa (16/1/2024) siang.

Berdasarkan data yang dihimpun mediajatim.com, ada 40 bangunan seperti toko, garasi, rumah dan musala yang mengalami kerusakan akibat hujan deras dan angin kencang.

Di Desa Potoan Laok, peristiwa ini terjadi di tiga dusun sekaligus, yakni Dusun Tengah, Dusun Timur, dan Dusun Barat. Sementara di Desa Panaan juga sama, terjadi di tiga dusun, yakni Dusun Karang Anyar, Dusun Tengah, dan Dusun Mor Songai.

Baca Juga:  Kisah Pengusaha Ikan di Sumenep, Omzet Naik Usai Dapat Kredit Modal Kerja dari BRI

Selain banyak bangunan yang roboh, dalam peristiwa ini tiga warga menjadi cedera, diduga akibat tertimpa pecahan bangunan.

Tiga warga tersebut, yaitu Hotiyatul Laili (45) dengan keluhan nyeri di bahu sebelah kanan, Anni Rifkatulaili (16) dengan keluhan pusing, dan Sofiatul Munawarah dengan keluhan nyeri di kaki sebelah kanan dan terdapat lima lecet di kaki kanan dan kirinya.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan Akhmad Dhofir Rosidi menjelaskan bahwa pihaknya langsung menuju lokasi saat mendapat informasi kejadian tersebut.

Banner Iklan Media Jatim

“Bersama pihak yang lain, dari kemarin, kami mulai membantu masyarakat membersihkan sisa-sisa reruntuhan pohon dan beberapa benda berharga,” ungkapnya, Rabu (17/1/2024).

Baca Juga:  PCNU Pamekasan Berangkatkan 350 Kader Penggerak ke Apel Akbar 1 Abad NU di Gresik

Mengenai rencana bantuan yang akan diberikan, kata Dhofir, BPBD Pamekasan masih membahasnya.

“Saat ini kami membahas terkait rencana bantuan, setelah selesai, akan diajukan, kalau disepakati maka bisa segera dieksekusi,” pungkasnya.(rif/faj)