PERIODE II

Pj Bupati Sebut Perluasan Rute Bus Transjatim ke Bangkalan Bakal Dongkrak Ekonomi Warga

Media Jatim
Bus
(Dok. Media Jatim) Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie (berkopiah hitam) bersama Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Nyono di Kantor Pemkab setempat, Senin (15/1/2024).

Bangkalan, mediajatim.com — Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan optimis perluasan rute bus Trans Jawa Timur (Transjatim) ke Bangkalan dapat mendongkrak ekonomi masyarakat.

Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie mengatakan, Pemkab menyambut baik perluasan rute bus Transjatim ke Bangkalan yang direncanakan beroperasi pada Oktober 2024 nanti.

“Ini akan menjadi layanan transportasi umum bagi masyarakat di Bangkalan, terutama bagi warga yang bekerja di Surabaya,” ungkapnya, Selasa (16/1/2024).

Arief juga meyakini, adanya bus Transjatim nanti akan membuka peluang ekonomi bagi masyarakat Bangkalan.

Karena itulah, Arief berharap, bus Transjatim nanti dapat melewati beberapa titik keramaian dan zona ekonomi di Bangkalan.

Baca Juga:  Cerita 2 Tukang Ojek di Pamekasan Berhasil Rakit LPG 3 Kg Jadi Pengganti BBM Sepeda Motor

“Kami juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Bangkalan dan Organda, sehingga adanya bus Transjatim tidak menyinggung trayek angkutan di Bangkalan,” terangnya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Nyono menjelaskan, untuk rute bus Transjatim Bangkalan-Surabaya akan masuk dalam Koridor V.

“Untuk menunjang transportasi umum ini, Pemprov akan menyediakan 15 smart bus yang akan beroperasi di rute Bangkalan-Surabaya dan Surabaya-Bangkalan dari pukul 05.00 hingga 21.00 WIB,” ungkapnya, Selasa (16/1/2024).

Kata Nyono, Pemprov juga akan membangun 8 halte sepanjang 59 kilometer rute bus Transjatim Bangkalan-Surabaya.

8 halte yang akan dilewati bus Transjatim ini, lanjut Nyono, yakni Halte Terminal Purabaya, Halte Purabaya, Halte Perak Barat, Halte Amoel-sidotopo, Halte Kedindinglor, Halte Simpang Tangkel, Halte Embong Mereng Burneh, Halte Plaza Bangkalan, dan Halte Terminal Bangkalan.

Baca Juga:  Pemkab Pamekasan Bakal Bantu Perbaiki Puluhan Rumah Warga Kadur yang Rusak Diterjang Angin

Nyono menambahkan, tujuan rencana perluasan rute bus Transjatim ini, tiada lain, untuk menyediakan layanan transportasi umum yang memadai dan murah bagi warga Bangkalan dan Surabaya.

“Harga tiketnya Rp5 ribu untuk kalangan umum dan Rp2.500 untuk kalangan pelajar serta mahasiswa. Pembayaran secara online dapat diakses melalui aplikasi Trans Jatim Ajaib. Meski begitu, kami tetap menyediakan pembayaran tiket secara cash untuk mempermudah masyarakat,” pungkasnya.(hel/faj)