MSFC DISPLAY WEB

DKPP Pamekasan Bakal Sedot DBHCHT Sekitar Rp1,2 Miliar untuk Belanja 40 Hand Tractor

Media Jatim
Hand Tractor
(Dok. readers.id) Seorang petani tengah menggunakan Hand Tractor saat membajak sawah.

Pamekasan, mediajatim.com — Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan berencana untuk belanja 40 Hand Tractor tahun ini.

Belanja Peralatan dan Mesin Pertanian (Alsintan) yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) itu untuk memaksimalkan tahapan produksi pertanian.

Plt Kepala DKPP Pamekasan Nolo Garjito menerangkan bahwa pihaknya kini masih akan melakukan verifikasi proposal pengajuan penerima mesin untuk pertanian tersebut.

“Kami pastikan Kelompok Tani (Poktan) penerima mesin itu belum pernah mendapatkan,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Rabu (28/2/2024).

Banner Iklan Media Jatim

Melalui verifikasi itu juga, kata Nolo, pihaknya juga ingin memastikan bahwa penerima harus bisa memanfaatkan mesin tersebut sesuai peruntukannya.

Baca Juga:  Kini Ada Idola, Buat Paspor Jemaah Haji Tak Perlu ke Kantor Imigrasi

“Perkiraan realisasinya pada pertengahan tahun, sebab DBHCHT kemungkinan cair sebelum itu,” ujarnya.

Terkait anggaran yang disediakan, pihaknya masih menunggu Perbup turun. “Jika per mesin Rp30 juta, maka kemungkinan menghabiskan Rp1,2 miliar,” jelasnya.

Jika mesin ini sudah disalurkan, pihaknya berharap agar Poktan memanfaatkan bantuan Alsintan tersebut dengan baik.(rif/faj)