374 Pendaftar Rebut 20 Kursi Komisioner di Zona 1 Jawa Timur

Media Jatim
Seleksi Anggota Kpu zona 1 jatim
(Dok. Detik.com) Ilustrasi seleksi calon anggota KPU Kabupaten.

Surabaya, mediajatim.com — Seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten memasuki tahan penelitian berkas administrasi, sejak 8 hingga 26 Maret 2024 mendatang.

Di Zona 1 Jawa Timur–yang meliputi Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep–jumlah pendaftar tembus 374 orang dengan perincian sebagai berikut;

  • Kabupaten Bangkalan
    Laki-laki: 76
    Perempuan: 3
    Total: 79
  • Kabupaten Sampang
    Laki-laki: 95
    Perempuan: 4
    Total: 99
  • Kabupaten Pamekasan
    Laki-laki: 72
    Perempuan: 3
    Total: 75
  • Kabupaten Sumenep
    Laki-Laki: 119
    Perempuan: 2
    Total: 121

Mereka akan memperebutkan 20 kursi atau lima kursi komisioner di masing-masing kabupaten di Madura.

Baca Juga:  Warga Empat Desa Demo Kantor PT Garam

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU Kabupaten Zona 1 Jawa Timur Bambang Sigit Widodo menuturkan bahwa saat ini masih tahap seleksi administrasi.

“Dari seluruh kabupaten yang ada di Zona 1, jika melihat dari jumlah pendaftar dan berkas yang diterima kesekretariatan, sepertinya untuk Kabupaten Sumenep akan dilakukan perankingan,” terang Bambang saat dihubungi mediajatim.com, Sabtu (23/3/2024).

Perankingan ini akan dilakukan karena jumlah batas maksimal lolos administrasi adalah 20 kali jumlah kebutuhan anggota KPU atau maksimal 100 orang pendaftar.

“Sedangkan kabupaten lain jika jumlah pendaftar tidak melebihi 100 maka akan dilakukan penilaian biasa tanpa ada perangkingan,” pungkasnya.(*/ky)