PERIODE II

Tanggapi Penjelasan Bupati Terkait Raperda RPJPD, DPRD Sumenep Minta Pembangunan Harus Merata

Media Jatim
DPRD
(Ikhwan Fajarisman/Media Jatim) Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Nota Penjelasan Bupati Sumenep atas Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 di Kantor Dewan setempat, Rabu (12/6/2024).

Sumenep, mediajatim.com — DPRD Sumenep menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Nota Penjelasan Bupati Sumenep atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 di Kantor Dewan setempat, Rabu (12/6/2024).

Rapat yang digelar di pagi hari itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir. Turut hadir pula dalam rapat tersebut, Wakil Bupati Sumenep, Sekretaris Daerah dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Beberapa fraksi yang menyampaikan pandangan tentang Nota Penjelasan Bupati Sumenep terhadap Raperda RPJPD ini yaitu, Fraksi PKB, Gerindra, dan PPP.

Baca Juga:  Selain Rumah Sunat, RSUD Mohammad Zyn Sampang Juga Luncurkan Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Bedah

Juru Bicara Fraksi PKB DPRD Sumenep Irwan Hayat mengingatkan kepada Pemkab bahwa pembangunan harus dilaksanakan secara merata, baik di daratan maupun kepulauan.

“Hal itu penting, agar asas keadilan bisa terpenuhi. Jadi, kebijakan infrastruktur harus  berpegang pada konsep pembangunan yang berkelanjutan dengan tetap memerhatikan keseimbangan antara kebutuhan dan kelestarian lingkungan,” ungkapnya, Rabu (12/6/2024).

Dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumenep Suroyo meminta Pemkab untuk segera menyusun strategi penerapan pembangunan yang telah dirancang dalam RPJPD.

“Program-program pembangunan yang telah tersusun harus segera diikuti strategi langkah yang riil. Sehingga bisa dievaluasi pencapaiannaya,” terangnya, Rabu (12/6/2024).

Baca Juga:  Viral Video Puluhan Siswa TK di Pamekasan Pakai Kaus Prabowo-Gibran, Begini Tanggapan Bawaslu

Karena di RPJPD, kata Suroyo, bukan hanya berisi teori saja, melainkan juga harapan-harapan masyarakat tentang pembangunan di Sumenep yang lebih maju.

Sementara itu, Juru Bicara Fraksi PPP DRPD Sumenep Juhari mengaku mendukung RPJPD yang dirancang Pemkab. “Secara moril, kami Fraksi PPP mendukung penuh atas program perencanaan pembangunan Pemkab Sumenep yang lebih maju dan mandiri,” tuturnya.(mj21/faj/**).