PERIODE II

Pemkab Pamekasan Akan Distribusikan 50 Hand Tractor Bulan Depan

Media Jatim
Hand tractor Pamekasan
(Dok. infopublik.id) Ilustrasi petani membajak sawah menggunakan hand tractor.

Pamekasan, mediajatim.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan akan mendistribusikan bantuan hand tractor kepada 50 Kelompok Tani (Poktan) pada Juli dan Agustus 2024 mendatang.

Sumber dana pengadaan hand tractor ini berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp1,5 miliar.

Plt. Kepala DKPP Pamekasan Nolo Garjito mengatakan bahwa bantuan hand tractor merupakan program tahunan yang dialokasikan secara bertahap.

“Bertahap karena Poktan di Pamekasan jumlahnya ribuan. Untuk saat ini masih dalam tahap pengadaan melalui e-katalog,” ungkapnya, Kamis (13/6/2024).

Baca Juga:  Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula, KPU Sampang Nobar Film Kejarlah Janji Bersama Mahasiswa IAI Nata

Nolo menuturkan, Poktan yang memperoleh bantuan hand tractor adalah yang sudah terverifikasi.

“Mekanisme bantuan ini adalah dengan mengajukan proposal. Kemudian dilakukan verifikasi dan validasi (Verval) Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) olet tim yang dibentuk DKPP,” jelasnya.

Jika kedapatan Poktan sudah memiliki hand tractor  namun mengajukan proposal kembali, imbuh Nolo, otomatis akan terdiskualifikasi.

“Tim kami akan turun langsung ke lapangan. Kalau ada Poktan yang memiliki hand tractor namun mengajukan lagi, langsung kami coret usulannya termasuk proposalnya,” tegasnya.

Upaya Verval ini, tambah Nolo, untuk pemerataan bantuan agar Poktan yang belum memiliki alat bisa merasakan langsung manfaat DBHCHT berupa hand tractor.

“Kami berharap hand tractor ini bisa memperbaiki kesejahteraan petani melalui peningkatan produktivitas hasil tani,” pungkasnya.(fit/ky)