PERIODE II

Rayakan Iduladha 1445 H, Pemkab Sumenep Gelar Takbir Bersama: Hilangkan Perbedaan Pererat Persaudaraan!

Media Jatim
Gema takbir sumenep
(Ikhwan Fajarisman/Media Jatim) Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah memberikan sambutan dalam acara takbir bersama Iduladha 1445 Hijriah di Lapangan Kesenian, Minggu (16/6/2024).

Sumenep, mediajatim.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep merayakan Iduladha 1445 Hijriah dengan gema takbir bersama di Lapangan Kesenian Sumenep, Minggu (16/6/2024) malam.

Gema takbir hari raya kurban tahun ini bertajuk, “Hilangkan Perbedaan: Maknai Iduladha dengan Berbagi dan Mempererat Tali Persaudaraan.”

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah, Sekda, Kapolres, Dandim 0827, Pimpinan OPD, Camat, unsur pegawai BUMD dan BUMN serta ulama setempat.

Dalam kesempatan ini, Nyai Eva memaparkan makna Iduladha dan kurban. “Mari kita maknai momentum Iduladha ini dengan referensi keteladanan Nabi Ibrahim,” ungkapnya.

Nyai Eva mengatakan, Nabi Ibrahim pernah diberi ujian oleh Allah Swt. dengan diperintah untuk menyembelih putranya.

Banner Iklan Media Jatim

“Dari kisah ini kita bisa memetik pelajaran dan keteladanan yaitu rasa ikhlas, sabar dan tawakal kepada Allah Swt.,” terangnya.

Banner Iklan Media Jatim

Sebelum mengakhiri sambutannya, Nyai Eva mengajak seluruh pejabat yang hadir untuk meningkatkan kinerjanya sesuai tugas masing-masing.

Baca Juga:  Gagal Capai Target Nasional, Dinkes Sumenep Sebut Nikah Usia Dini Jadi Pemicu Tingginya Stunting

“Semoga kita bisa menyelesaikan jabatan dan amanah ini dengan baik, dengan sejarah yang bagus dan dapat dipertanggungjawabkan,” ajaknya.

Terpisah, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Sekda) Sumenep Didik Wahyudi mengatakan bahwa kegiatan ini digelar sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah Swt.

“Untuk mengenang kembali suri tauladan Nabi Ibrahim yang tunduk dan patuh kepada Allah Swt. Dan yang terakhir, untuk menjaga silaturahmi, harmonisasi sosial dan kebersamaan antara Pemkab Sumenep dengan masyarakat,” tuturnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini para tamu disuguhi penampilan Gambus Islami Al-Farabi, Drumben SDN Pangarangan 5 dan pawai obor yang diberangkatkan dari rumah dinas bupati.

Baca Juga:  Rayakan HUT ke-24, Dharma Wanita Persatuan Sumenep Ajak Perempuan Bergerak Bangun Negeri

Pada acara ini pula, Pemkab Sumenep menyalurkan santunan kepada anak yatim. Penampilan Tari Saman Kolosal dan Tari Sufi menjadi pemungkas acara seremonial ini.(mj2/ky)