PERIODE II

DLH Sayangkan Aksi Warga Buang Sampah di Pelabuhan Branta Pamekasan

Media Jatim
Buang sampah di laut
(Dok. Media Jatim) Tangkapan layar video warga membuang sampah di Pelabuhan Branta Pesisir, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Selasa (18/6/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — Aksi seorang warga Desa Branta Pesisir, Kecamatan Tlanakan membuang sampah di Pelabuhan Kelas II Branta, Kabupaten Pamekasan viral, Selasa (18/6/2024).

Aksi tersebut terekam dalam bentuk video berdurasi 12 detik. Video ini lalu diunggah akun instagram @infomdr dan ditonton 327 ribu pengguna.

Video ini telah dikomentari 1.824 pengguna instagram hingga Rabu (19/6/2024) pukul 17.53 WIB.

Gak kaget wong mexico,” kata akun @slametmulyono451.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan Supriyanto menyangkan aksi tersebut.

Banner Iklan Media Jatim

“Kami sangat menyayangkan tindakan tersebut. Sebagai tindak lanjut kami akan koordinasikan dengan kades setempat,” ungkapnya, Rabu (19/6/2024).

Banner Iklan Media Jatim

Kades Branta Pesisir, Kecamatan Tlanakan, Agus Istiqlal mengatakan bahwa pembuang sampah yang viral di jagat maya itu merupakan warganya.

Baca Juga:  Cegah Kecurangan, Satgas Mafia BBM Periksa 4 SPBU di Bangkalan

“Sudah kami konfirmasi, dan sudah ditegur oleh pihak pelabuhan, dan kami juga sudah menegurnya,” kata Agus, Rabu (19/6/2024).

Agus mengaku heran atas tindakan kurang elok tersebut. Dia mengatakan bahwa selama ini pihaknya telah berupaya giat membersihkan lingkungan desa.

“Kami terus terang kecewa banget. Pelakunya warga di sini. Padahal kita sudah ada TPS3R. Sampah di sini dikelola. Ada jasa angkut. Kurang lebih 500 KK di sini sudah bergabung jadi nasabah tata kelola sampah, termasuk perusahaan, Puskesmas dan sekolah,” paparnya.

Agus menyebut, pelaku bukan nelayan. Melainkan tukang becak. “Kita sudah tegur melalui kepala dusun, dan yang bersangkutan sudah mohon maaf,” pungkasnya.(*/ky)