PERIODE II

FKPB Sebut Disdik Bangkalan Tebang Pilih Bangun Gedung SD: Di Pelosok Rusak, Kota semakin Maju!

Media Jatim
SD di Bangkalan
(Helmi Yahya/Media Jatim) SDN Pendabah 1 Bangkalan di Desa Pendabah, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Senin (8/7/2024).

Bangkalan, mediajatim.com — Forum Komunikasi Pemuda Bangkalan (FKPB) menilai pembangunan gedung sekolah dasar (SD) selama ini tidak merata.

Ketua FKPB Taufik Nur Hidayat menuding Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan tebang pilih dalam membangun gedung sekolah yang ada di pelosok desa dan di perkotaan.

“SD negeri yang ada di pelosok desa dibiarkan rusak parah tanpa perbaikan sedangkan SD di perkotaan semakin maju,” kata Taufik, Senin (8/7/2024).

Dia menyebut sejumlah SD yang kondisinya memprihatinkan. Di antaranya; SDN Burneh 3, SDN Parseh 2, SDN Pendabah 1, SDN Tanah Merah 1, SDN Binoh 2 dan SDN Sambiyan 4.

Baca Juga:  Mayat di Bawah Jembatan Gegerkan Warga Bangkalan Madura

“Semua yang di pelosok ini kondisi sekolahnya memprihatinkan,” sambung dia.

Banner Iklan Media Jatim

Taufik meminta Disdik Bangkalan memberikan pemerataan pembangunan sekolah sehingga tidak ada kesenjangan pendidikan di Bangkalan.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang_20240713_064735_0000
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang_20240713_064736_0002
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang_20240713_064736_0001

Menanggapi itu, Kadisdik Bangkalan Muhammad Yakub mengatakan bahwa permohonan renovasi atau pembangunan sekolah bukan sepenuhnya wewenang pihaknya.

Dia mengatakan bahwa kondisi sekolah akan dilihat melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Yang menentukan bukan kami, kami hanya merekomendasikan mana yang prioritas dan sudah sesuai dengan Dapodik,” kata Yakub.

Baca Juga:  Dinilai Tak Ramah Disabilitas, DPMPTSP Akan Buat Pelayanan Tambahan di MPP Bangkalan

Yakub juga menerangkan bahwa kepemilikan lahan sekolah juga menjadi acuan apakah bisa mendapatkan bantuan pembangunan atau renovasi.

“Kalau lahannya masih bermasalah dan belum punya sekolah, akan sulit mendapatkan bantuan pembangunan,” tutupnya.(hel/ky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *