Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

SDN Kowel 1 Raih Adiwiyata Nasional, Kado Manis Pelestarian Lingkungan sejak Dini di Pamekasan

Media Jatim
Adiwiyata Nasional
(Dok. DLH Pamekasan) Pemkab Pamekasan terima penghargaan Adiwiyata Nasional untuk SDN Kowel 1 Tahun 2022.

Pamekasan – SDN Kowel 1, Kota Pamekasan, terpilih sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Predikat ini, salah satunya berkat peran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan yang terus-menerus mendorong sekolah peduli pada pelestarian lingkungan.

Kepala DLH Pamekasan Cahya Wibawa mengapresiasi prestasi tersebut, sebab, diraih dengan berbagai tahapan yang tidak mudah dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

“Tugas kami mendorong bagaimana sekolah bisa ikut berpartisipasi dalam program pemerintah yang rutin dilaksanakan setiap tahun tersebut, agar mereka bisa bermanfaat merawat lingkungan dengan baik,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Minggu (4/12/2022).

Baca Juga:  Ngopi Bareng Wartawan, Dandim Pamekasan Bahas Ancaman Krisis Pangan Dampak El Nino

Sekolah-sekolah yang sudah mendaftarkan diri dalam program tersebut, kata Cahya, juga akan diberikan pembinaan tentang bagaimana cara melestarikan lingkungan.

Banner Iklan Media Jatim

“Program Sekolah Adiwiyata ini tidak lain untuk menanamkan nilai-nilai peduli lingkungan sejak dini, sehingga pembiasaannya juga cukup mudah dan diingat hingga dewasa nanti,” terangnya.

Selain itu, kata Cahya, lingkungan bersih dan sehat sejatinya akan berdampak positif kepada manusia dan lingkungan sekitar, sebab dengan sendirinya akan mendorong kualitas udara yang bersih.

“SDN Kowel 1 hari ini membuktikan bahwa sekolah di Pamekasan bisa menjadi percontohan nasional terkait bagaimana cara menjaga lingkungan,” tambahnya.

Baca Juga:  Usai dibentuk, JPN Kecamatan Proppo Suarakan Perbaikan Distribusi Pupuk

Pria asal Sumenep itu berharap sekolah-sekolah lain di Pamekasan bisa ikut termotivasi untuk mengikuti program Sekolah Adiwiyata sehingga memiliki kesempatan untuk meraih prestasi nasional.

“Semoga saja nanti bisa meraih Adiwiyata Mandiri,”pungkasnya.(rif/ky)