Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

Unija Berhasil Jalin Kerja Sama Internasional dengan Timor Leste, Rektor: Kami Sudah Teken MoU

Media Jatim
Unija
(Dok. Universitas Wiraraja) Rombongan kunjungan Universitas Wiraraja saat mengisi visiting lecturer di Instituto Ciencias Saude Dili, Timor Leste.

Sumenep, mediajatim.com — Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep gelar kunjungan internasional ke Timor Leste selama lima hari, sejak Senin (20/2/2023) hingga Jumat (24/2/2023).

Dalam kunjungannya tersebut rombongan Wiraraja berhasil menjalin kerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi (PT) di negara setempat.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Unija, Syaifurrahman Hidayat, menjelaskan, di Timor Leste Unija sebenarnya berkunjung ke tiga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan ke tiga Perguruan Tinggi (PT).

Tiga SMA Timor Leste yang dikunjungi oleh Unija, kata Syaifurrahman, yakni, Ensino Secundãria Geral 4 De Setembro Unamet Dili, Ensino Secundãria Geral Católico Sao João Paulo II Bedois Dili, dan Ensino Secundãria Geral 20 Metinaro.

Baca Juga:  FIK UNIJA Tutup Nursing Camp ILMIKI 2024 dengan Launching Sand House Therapy 

“Sementara untuk PT yang dikunjungi antara lain, Instituto Superior Cristal, Instituto Ciencias Saude Dili, dan Universidade Nacionale Timor Loro Sa’e,” imbuhnya.

Banner Iklan Media Jatim

Menurutnya, enam lembaga pendidikan yang dikunjungi oleh rombongan Unija tersebut kegiatannya bermacam-macam. “Saat di SMA Timor Leste, kami mengisi seminar internasional dan sosialisasi tentang Unija,” ungkapnya.

Sementara saat di PT, lanjut Syaifurrahman, Unija mengisi visiting lecturer, dan menjalin beberapa kerja sama dalam berbagai bidang. “Salah satunya, join riset setiap enam bulan,” tukasnya.

Dengan terjalinnya kerja sama internasional antara Universitas Wiraraja dan Timor Leste itu, Rektor Unija, Sjaifurrachman, berharap hubungan keduanya ke depan semakin akrab.

Baca Juga:  UIN KHAS Jember Tuan Rumah PORSI IX, Rektor: Sukses Penyelenggara sekaligus Juara

Sehingga, kata Sjaifurrachman, nanti tidak hanya kerja sama dalam penelitian, tapi juga bisa melakukan pertukaran mahasiswa dan dosen antara Unija dan kampus di Timor Leste.

“Bahkan kami sudah saling teken Memorandum of Understanding (MoU), untuk beberapa agenda kerja sama yang akan kami lakukan ke depan,” pungkasnya.(*/faj)