WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Pangdam V Brawijaya Kunjungi Ponpes Al-Hamidy Banyuanyar, Apresiasi dan Tandatangani Rudal yang Gagal Meledak

Media Jatim
Pangdam V
(Dok. Media Jatim) Pengasuh Dhalem Timur Pondok Pesantren Banyuanyar RKH. Rofi'i Baidhawi (kanan) dan putranya, Ra Abbas (kiri) menyaksikan Mayjen Farid Makruf menandatangani rudal yang gagal meledak, Rabu (1/3/2023) malam.

Pamekasan, mediajatim.com — Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Farid Makruf berkunjung ke Pamekasan, Rabu (1/3/2023).

Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hamidy Banyuanyar di Kecamatan Palengaan yang diasuh RKH. Muhammad Rofi’i Baidhawi.

Satu hal yang menyita perhatian pada kunjungan, Farid Makruf menandatangani rudal belanda yang gagal meledak di Ponpes tersebut.

Putra pengasuh, Ra Abbas, mengatakan, bahwa Al-Hamidy Banyuanyar menyimpan torehan sejarah kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pangdam menandatangani rudal yang gagal meledak, sebagai apresiasi untuk para kiai di Banyuanyar yang ikut berjuang sebelum dan sesudah kemerdekaan,” terangnya.

Baca Juga:  Pemkab Pamekasan Sanksi Gudang Kuning lantaran Ambil Sampel Tembakau Lebih 1 Kg

Dia menceritakan, salah satu tokoh pejuang dari Banyuanyar adalah Kiai Baidhawi Abd. Hamid. Di mana, dulu, Banyuanyar menjadi tempat pertemuan antar beberapa organisasi pejuang prakemerdekaan.

Banner Iklan Media Jatim

“Karena diketahui Belanda, dikirimlah rudal ke sini, namun tidak meledak, dan rudal ini dari hasil penelitian, dijatuhkan dari pesawat dan kalau meledak, akan meluluhlantakkan hingga radius satu kilometer,” kata Ra Abbas.

Ada dua buah rudal dan keduanya tidak meledak di Banyuanyar. “Yang satu ada di dalam tanah dan tidak kita temukan, dan keduanya tidak meledak, dan kenapa di sini dibom, karena di sini salah satu pusat perjuangan,” paparnya.

Baca Juga:  Berkas Pemukulan Satpam Pesantren Dilimpahkan ke Kejaksaan, Kuasa Hukum Korban Sayangkan 4 Tersangka Tak Ditahan

Dia berharap, kehadiran Pangdam V Brawijaya mempererat sinergitas dan kolobarasi dengan tokoh-tokoh pesantren.

“Bukan hanya bisa berkumpul di dunia, tapi juga di akhirat di surga Allah Swt. dengan bekerja demi kemaslahatan agama, nusa dan bangsa,” tuturnya.

Pangdam V Brawijaya Mayjen Farid Makruf berharap, Ponpes Al-Hamidy Banyuanyar menjadi jembatan terciptanya perdamaian antartokoh dan masyarakat.

“Semoga ini juga meningkatkan kerja sama aparatur negara dengan pesantren,” ungkapnya.(*/ky)