Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

Sambut Idulfitri 1444 Hijriah, PLN UP3 Pamekasan Siapkan Posko Mudik dan Siaga Keandalan Listrik

Media Jatim
Posko Mudik PLN Idulfitri
(Dok. Media Jatim) Posko Mudik yang disediakan PLN UP3 Pamekasan, Jumat (21/4/2023).

Pamekasan, mediajatim.com — Idulfitri 2023 adalah momen yang sangat dinanti oleh masyarakat Indonesia setelah tiga tahun sebelumnya dibatasi bahkan dilarang mudik karena pandemi Covid-19.

Pada saat mudik lebaran, biasanya, masyarakat menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor.

Selain memakai kendaraan pribadi, sejumlah masyarakat juga biasanya memilih untuk menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api atau pesawat terbang untuk sampai di kampung halamannya.

Pada saat mudik atau toron (dalam istilah Madura), jalan raya di Indonesia khususnya di Pulau Madura sering kali padat dan macet karena banyaknya masyarakat yang melakukan perjalanan.

Kemacetan di jalan raya dapat mengakibatkan kelelahan dan stres pada pengemudi. Selain itu juga bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas terutama bagi pengemudi yang kurang berpengalaman atau kendaraannya tidak dalam kondisi baik.

Kepadatan arus mudik di Pulau Madura sendiri sudah terasa sejak H-2 hari raya. Pemudik dari luar Pulau Madura mendominasi jalan mulai dari Bangkalan hingga Pamekasan.

Baca Juga:  Dorong Energi Terbarukan, PLN Madura Serahkan 500 REC ke Pemkab Sumenep!

Untuk mengurangi dampak negatif dari mudik ini PT PLN membentuk beberapa Posko Siaga Mudik bagi masyarakat salah satunya di ULP Blega, Kabupaten Bangkalan.

Posko Mudik Lebaran di ULP Blega menyediakan berbagai layanan dan fasilitas bagi para pemudik seperti tempat istirahat, toilet, tempat makan, dan area parkir.

Banner Iklan Media Jatim

Selain itu, PLN ULP Blega juga menyediakan Wifi gratis, tempat charging untuk gadget dan alat elektronik serta televisi sebagai hiburan bagi pemudik.

Tidak lupa Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) juga disediakan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik baik itu mobil maupun sepeda motor.

Selain PLN ULP Blega, posko mudik juga dibentuk di UP3 Pamekasan. Kedua lokasi tersebut dinilai strategis karena merupakan jalur utama yang sering dilewati kendaraan.

Baca Juga:  Peringati Hari Lingkungan Hidup 2023, PLN UID Jawa Timur Kampanyekan Motor dan Mobil Listrik di Sumenep

Sembari melayani pemudik yang beristirahat ini, PLN juga terus memberikan berbagai edukasi dan sosialisasi kepada para pemudik terkait pentingnya menggunakan alat listrik secara efisien dan aman.

“Yang paling utama adalah penggunaan aplikasi PLN Mobile yang mudah dan cepat karena melalui PLN Mobile ini pemudik dapat menikmati seluruh layanan PLN di mana pun dan kapan pun selama mudik di kampung halaman,” terang Manajer PLN UP3 Pamekasan Feri Asmoro Hermanto, Jumat (21/4/2023).

Selama masa libur Idulfitri, PLN UP3 Pamekasan menyiagakan 73 pegawai dan 360 regu yantek untuk mengawal keandalan listrik.

Pada malam takbiran dan pada saat pelaksanaan Salat Idulfitri, personel PLN juga meningkatkan kesiagaannya agar pelayanan terhadap keandalan listrik terus terjaga.(*/ky)