WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Wapres Ma’ruf Amin Ungkap Hal Mencengangkan saat Datang ke Madura: 115 Pulau Akan Tenggelam!

Media Jatim
115 Pulau Akan Tenggelam
(Dok. NU Online) Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Nasional, mediajatim.com — Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amin mengungkap hal mencengangkan saat datang ke Universitas Wiraraja (Unija) Madura, 9 Agustus 2023.

Dia membeberkan isu global di depan para dosen dan tamu undangan. Salah satu isu tersebut berkenaan dengan pemanasan global.

“Planet bumi semakin memanas akibat krisis iklim,” terang Ma’ruf. Krisis iklim ini, lanjut Kiai Ma’ruf, menjadi ancaman bagi manusia dan negara.

“Laporan PBB, tinggi permukaan air laut terus meningkat, ini akan berdampak kepada hilangnya teritorial sebuah negara,” imbuhnya.

Banner Iklan Media Jatim

Seiring hal itu, lanjut Kiai Ma’ruf, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) juga mengonfirmasi krisis iklim ini.

Baca Juga:  Madura United FC Pastikan Peter Odemwingie Comeback

“BRIN mengonfirmasi dan memperkirakan 115 pulau di Indonesia akan tenggelam pada tahun 2100 karena krisis iklim,” bebernya.

Ma’ruf menerangkan, krisis iklim ini mengakibatkan sekurang-kurangnya dua hal, yakni, peningkatan permukaan air laut dan penurunan permukaan tanah.

Untuk mengatasi situasi di atas, kata Ma’ruf, perlu peran cendikiawan untuk memikirkan probelm-problem global yang berdampak termasuk bagi Indonesia.

“Di hadapan kaum terdidik hari ini saya titipkan tugas untuk merawat eksistensi dan mendorong kemajuan bangsa di tengah persoalan global yang semakin kompleks ini,” pungkasnya.(*/ky)