Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Kades Ambat Pamekasan Tutup Usia, Dikenal Gemar Ngarit Meski Sudah Tiga Periode Menjabat

Media Jatim
Kades Ambat Pamekasan Wafat
(Dok. Media Jatim) Kepala Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan, Syamhari saat masih sehat.

Pamekasan, mediajatim.com — Kepala Desa (Kades) Ambat, Kecamatan Tlanakan, Syamhari, meninggal dunia di RSUD Slamet Martodirdjo (Smart) Pamekasan, Minggu (10/9/2023) sekitar pukul 23.30 WIB.

Banner Iklan Media Jatim

Menantu Syamhari, Baihaki, menuturkan, bahwa almarhum sempat menjalani perawatan di RSUD Smart sejak Selasa (5/9/2023).

“Bapak memang punya riwayat penyakit jantung, dan Selasa itu penyakitnya kambuh lalu langsung dibawa ke rumah sakit,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Senin (11/9/2023).

Setelah menjalani perawatan medis, kondisinya membaik, dan Syamhari dibolehkan pulang pada Sabtu (9/9/2023).

Sesampainya di rumah, lanjut Baihaki, kondisi kesehatan Kades Ambat tiga periode itu terus membaik bahkan sudah bisa dikatakan sehat.

“Penyakitnya mendadak kambuh tadi malam sekira jam 19.30 WIB dan dibawa lagi ke RSUD Smart, khawatir semakin memburuk,” tutur Baihaki.

Namun takdir berkata lain, kata Baihaki. Syamhari tutup usia ke-60 pada tengah malam. “Memang takdir itu tidak pasti,” kata Baihaki.

Baihaki menceritakan, bahwa ayahnya merupakan salah seorang panutan dalam hidup bermasyarakat sebab dia tetap hidup sederhana meskipun berpangkat sebagai Kades.

“Mungkin jarang ditemui ada seorang kepala desa sudah menjabat tiga periode namun masih memelihara sapi dan rutin mengarit pakannya setiap hari,” ujar Baihaki.

Baca Juga:  Polres Sumenep Ungkap 57 Kasus Narkoba selama 9 Bulan, Pemakai Didominasi Remaja

Selain itu, Baihaki mengaku banyak mengambil pelajaran hidup dari sosok Syamhari.

“Bahwa seorang pejabat pemerintah harus tetap bekerja seperti biasa dan tidak mengandalkan pekerjaannya saja,” pungkasnya.(rif/ky)