WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

843 Calon Wisudawan UNIJA Ikut Seminar Motivasi, Rektor: Jadilah Generasi yang Inovatif!

Media Jatim
UNIJA
(Kurdianto Allaily/Media Jatim) Hakim Agung Mahkamah Agung RI Nurul Elmiyah saat menyampaikan materi di Seminar Motivasi ditemani Rektor UNIJA Sjaifurrachman, Senin (16/10/2023).

Sumenepmediajatim.com — Universitas Wiraraja (UNIJA) Madura menggelar Seminar Motivasi di Gedung Graha Adi Poday, Kelurahan Bangselok, Kecamatan Kota, Senin (16/10/2023).

Seminar Motivasi yang bertajuk “Wirausahawan Inovatif: Mengubah Ancaman Menjadi Peluang” ini dihadiri oleh 843 mahasiswa akhir UNIJA yang akan diwisuda, Selasa (17/10/2023) besok.

Rektor UNIJA Sumenep Sjaifurrachman, dalam sambutannya, meminta kepada seluruh mahasiswa yang akan diwisuda untuk menjadi generasi inovatif dan punya jiwa kepemimpinan yang tinggi.

“Lewat acara ini kami berharap saudara mampu menjadi lulusan yang inovatif, kolaboratif serta mampu menempatkan diri dalam menghadapi tantangan global,” ungkapnya, Senin (16/10/2023).

Di era yang dikuasai oleh banyaknya inovasi baru dan teknologi canggih ini, kata Sjaifur, kita dituntut adaptif dan mampu memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menghadapi masalah-masalah sosial yang terjadi.

Baca Juga:  Brak ! Elf VS Beat di Karangdoro 2 Tewas

“Untuk bisa melakukan hal ini, kita harus memiliki kreativitas dan kemampuan problem solving,” imbuhnya.

Dengan kemampuan ini, menurut Sjaifur, para lulusan UNIJA nanti akan dengan mudah mengambil peluang memasuki dunia kerja.

Banner Iklan Media Jatim

“Kami berharap lulusan UNIJA juga bisa membuka lapangan kerja dengan memanfaatkan teknologi digital yang ada,” harapnya.

Hadir sebagai Narasumber dalam Seminar Motivasi ini, Hakim Agung Mahkamah Agung (MA) RI Nurul Elmiyah.

Dalam kesempatan ini, Nurul mengatakan bahwa menjadi seorang wirausahawan harus berani menanggung risiko dalam mengawali usaha yang digelutinya.

“Menjadi pengusaha itu bukan semata takdir dan jalan hidup yang mengalir begitu saja, tapi ada upaya yang harus diperjuangkan serta tantangan yang harus dilewati dengan penuh kesabaran,” ungkapnya, Senin (16/10/2023).

Baca Juga:  BMKG Imbau Masyarakat Pamekasan Waspadai Potensi Terjadinya Cuaca Ekstrem

Namun, kata Nurul, setiap tantangan yang dilalui oleh seorang wirausahawan pasti akan setara dengan imbalan yang akan didapatkannya. Karena itulah, peluang bisnis itu harus dicari dan diciptakan.

“Setelah kalian besok diwisuda, maka itulah awal kehidupan sesungguhnya. Pandai-pandailah melihat peluang dan berani mengambil risiko. Ayo fokus dan jangan pernah berhenti untuk belajar,” pungkasnya.

Diketahui, Seminar Motivasi UNIJA ini dihadiri oleh beberapa elemen penting, mulai dari Ketua Umum Yayasan Arya Wiraraja, Rektor, Wakil Rektor, para Dekan dan Direktur Pascasarjana, hingga Bupati Sumenep, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan, Kapolres dan Dandim setempat.(mj21/faj)