Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Kirab Budaya dan Penobatan Arya Wiraraja Akan Digelar di Kalianget, Bupati Sumenep: Menyesal Jika Tak Datang!

Media Jatim
Wiraraja
(Kurdianto Allaily/Media Jatim) Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo saat memberikan keterangan kepada awak media, Rabu (18/10/2023).

Sumenepmediajatim.com — Pemkab Sumenep akan menggelar Prosesi Penobatan Arya Wiraraja dan Kirab Budaya di Kota Tua Kalianget, Sabtu (28/10/2023) nanti.

Banner Iklan Media Jatim

Rentetan acara perayaan Hari Jadi Sumenep yang ke-754 ini akan menampilkan pertunjukan pelantikan Arya Wiraraja oleh Prabu Kertanegara sebagai tonggak berdirinya Kabupaten Sumenep.

Pada acara ini juga akan dimeriahkan dengan Kirab Budaya yang diikuti oleh masyarakat Kecamatan Kalianget.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menerangkan, prosesi penobatan Arya Wiraraja tahun ini lokasinya pindah dari kota. Tahun-tahun sebelumnya biasanya digelar di Alun-Alun Sumenep.

“Penobatan Arya Wiraraja dan Kirab Budaya 2023 kami gelar di Kota Tua Kalianget. Acaranya akan dimulai pukul 07.00 WIB,” ungkapnya, Senin (23/10/2023).

Bupati yang akrab disapa Cak Fauzi itu menambahkan, sehari setelah prosesi penobatan Arya Wiraraja nanti, pihaknya juga akan mengadakan Haul Raja-Raja Madura.

Semua kegiatan tersebut, ucap Cak Fauzi, merupakan bagian dari acara perayaan Hari Jadi Sumenep.

“Ada banyak kegiatan sebagai rangkaian dari perayaan Hari Jadi Sumenep. Yang jelas, setiap acara yang diselenggarakan memiliki daya tarik tersendiri. Menyesal jika tidak datang ke Sumenep,” pungkasnya.(mj21/faj)