WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Disperta KP Sampang Akan Ajukan 58 Ribu Ton Pupuk Bersubsidi untuk 2024

Media Jatim
Pupuk
(M. Arif/Media Jatim) Salah seorang petani asal Desa Paopale Laok, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang Mohammad saat bekerja di sawahnya, Senin (30/10/2023) siang.

Sampang, mediajatim.com — Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) Sampang akan mengajukan 58 ribu ton pupuk bersubsidi pada 2024 mendatang, dengan rincian, 35 ribu ton pupuk jenis Urea dan 23 ribu ton pupuk jenis Nitrogen, Phospat dan Kalium (NPK).

Jumlah pupuk bersubsidi yang diajukan oleh Disperta KP Sampang ini sama dengan pengajuan tahun ini, yakni 58 ton.

Kepala Disperta KP Sampang Suryanto menerangkan bahwa dari pengajuan yang akan diusulkan itu tidak mungkin sepenuhnya dikabulkan oleh pemerintah pusat.

“Seperti tahun kemarin, yang dikabulkan untuk didistribusikan ke Sampang hanya 90 persen,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Senin (30/10/2023).

Baca Juga:  Pria di Sumenep Tega Perkosa Ponakannya Sendiri: Korban Sempat Diancam Akan Dibunuh! 

Jadi untuk jatah tahun ini, tutur Suryanto, Sampang hanya mendapat 55.137 ton pupuk bersubsidi, dengan rincian, pupuk Urea sebanyak 31.239 ton dan NPK 23.898 ton.

Banner Iklan Media Jatim

Kata Suryanto, pengajuan pupuk bersubsidi yang tahun depan sudah berdasarkan kebutuhan para petani.

“Meski datanya sudah masuk, namun kami tetap menunggu data dari Kelompok Tani (Poktan), mungkin saja ada tambahan,” ujarnya.

Suryanto menambahkan bahwa pupuk untuk petani sejatinya tidak hanya pupuk subsidi dari pemerintah.

“Para petani bisa membeli yang pupuk nonsubsidi, bahkan, kami juga mendorong para petani untuk menggunakan pupuk organik agar bisa mensiasati kekurangan, lebih-lebih tidak bergantung ke pupuk subsidi saja,” ujarnya.

Baca Juga:  Sentra Industri Hasil Tembakau Tahap II Kuras APBD Pamekasan Rp5 Miliar

Terkait pengajuan pupuk ke pusat, ucap Suryanto, masih menunggu portal pengajuan dibuka. “Kalau sudah dibuka (portalnya, red) nanti akan langsung di-upload,” pungkasnya.(rif/faj)