WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Pj Bupati Pamekasan Ajak Pengusaha Rokok Tertib Cukai: UHC Dikaver Penuh DBHCHT!

Media Jatim
JJS rokok 2023 Pamekasan
(Dok. Media Jatim) Pj Bupati Pamekasan Masrukin menyampaikan sambutan dalam acara JJS, Minggu (12/11/2023).

Pamekasan, mediajatim.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menggelar acara Jalan-Jalan Sehat (JJS), Minggu (12/11/2023) pagi.

JJS yang digelar di Lapangan Nagara Bhakti Mandhapa Agung Ronggosukowati ini merupakan kerja sama antara Pemkab Pamekasan, Satpol PP setempat dan Bea Cukai Madura.

Dalam acara JJS ini terdapat agenda khusus, yakni, sosialisasi pencegahan peradaran rokok ilegal dengan mengangkat tema “Cukai untuk Kemakmuran Rakyat: Hindari Rokok Ilegal”.

Pj Bupati Pamekasan Masrukin menjelaskan bahwa acara inti dari kegiatan JJS adalah sosialisasi pentingnya menghindari rokok ilegal.

“Kita ini daerah penghasil tembakau dan kita juga mengelola Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT),” ungkap Masrukin.

Baca Juga:  Terlibat Kecelakaan, 3 Orang Meninggal di Jalur Pantura Probolinggo

Saat ini, imbuh Masrukin, di Pamekasan banyak tempat produksi rokok baru. Untuk mendukung pembangunan pemerintah, produsen harus melengkapi izin cukai sesuai prosedur.

Banner Iklan Media Jatim

“Tentu bukan maksud untuk mematikan usaha mereka, namun, agar perusahaan rokok ini lebih baik ke depan maka harus tertib bea cukainya,” jelasnya.

Sebagaimana arahan bupati sebelumnya, kata Masrukin, Bea Cukai Madura dan Satpol PP memiliki kewajiban membimbing perusahaan rokok yang sudah bagus agar produknya semakin meningkat.

“Karena ini kembalinya ke petani tembakau lagi, dan Universal Health Coverage (UHC) yang kita nikmati hari ini dikaver penuh oleh DBHCHT. Jika cukainya meningkat maka bagi hasilnya juga meningkat, gunanya ya kembali ke masyarakat,” paparnya.

Baca Juga:  Cerita Dokter Spesialis di RSUD Pamekasan Sembuhkan Pasien yang Matanya Tertusuk Tujuh Bambu

JJS yang diikuti ribuan peserta ini start dari Jalan Kabupaten Pamekasan ke arah Jalan Bahagia, lanjut ke Jalan Dirgahayu, ke Jalan Nyalabu, Jalan Basar, dan kembali ke Jalan Kabupaten sebagai titik finish.

Adapun hadiah utamanya yaitu sepeda motor automatic, sepeda gunung, mesin cuci, televisi, dan kipas angin serta 50 hadiah hiburan seperti tumbler dan payung.(fit/ky)