WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Upgrade Evaluasi Belajar di Sekolah, Prodi Pendidikan IPA UNIJA Latih 40 Guru Gunakan Rasch Analysis 

Media Jatim
Rasch Analysis
(Dok. Media Jatim) Ketua Tim PkM Prodi Pendidikan IPA UNIJA Anik Anekawati saat menyampaikan materinya dalam Pelatihan dan Pendampingan Rasch Analysis untuk MGMP IPA SMP/MTs di SMPN 3 Sumenep, Sabtu (11/11/2023).

Sumenep, mediajatim.com — Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Wiraraja (UNIJA) Madura melaksanakan Pelatihan dan Pendampingan Rasch Analysis untuk Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP/MTs di SMPN 3 Sumenep.

Kegiatan yang diikuti oleh 40 guru IPA di Sumenep ini berlangsung secara luring dan daring sejak Sabtu (11/11/2023) hingga Minggu (12/11/2023) kemarin.

Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Prodi Pendidikan IPA UNIJA Anik Anekawati menerangkan, kegiatan ini digelar untuk meng-upgrade sistem penilaian dan evaluasi belajar di sekolah.

Selain itu, kata Anik, program ini juga merupakan salah satu penerapan dari tridarma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“Kami sengaja merealisasikan program pengabdian ini dengan pelatihan Rasch Analysis, karena memang sangat penting untuk guru-guru IPA di Sumenep,” ungkapnya, Sabtu (11/11/2023).

Baca Juga:  Berusia 25 Tahun, Ra Baqir Jadi Calon Bupati Pamekasan Termuda Diusung Partai Ka'bah dan Banteng

Guru sebagai pendidik, terang Anik, selalu mengalami kewalahan untuk memetakan tingkat kesulitan soal dan kemampuan siswa.

“Penilaian yang dilakukan oleh sebagian guru masih menggunakan model analisis klasik. Padahal, seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, analisis penilaian klasik itu telah tergantikan oleh penilaian modern,” paparnya.

Banner Iklan Media Jatim

Salah satu analisis penilaian yang modern tersebut, lanjut Anik, adalah Rasch Analysis. Analisis penilaian ini memiliki banyak kelebihan.

“Salah satunya, dapat memetakan item yang meliputi tingkat kesulitan soal, tingkat kesesuaian butir soal, uji unidimensional, deteksi bias soal, kemampuan siswa, tingkat kesesuaian individu, ringkasan statistik, dan peta variabel,” terangnya.

Baca Juga:  Disdik Sumenep Panggil SMP Kepulauan "Non Administrasi"

Lebih lanjut Anik menerangkan bahwa selama dua hari pelatihan, para guru telah mengikuti kegiatan dengan khidmat.

“Hari pertama penyampaian materi. Sementara hari kedua kami fokus ke pendampingan praktik penggunaan Rasch Analysis,” imbuhnya.

Melalui pelatihan ini, Anik berharap, para guru bisa menguatkan konsep evaluasi pembelajaran dan pengolahan data keterampilan melalui Rasch Model Analysis.

Diketahui, acara ini berlangsung dengan tiga sesi materi yang diisi oleh dosen-dosen Prodi Pendidikan IPA UNIJA. Pertama, materi Dasar Asesmen disampaikan oleh Habibi. Kedua, materi Pengantar Rasch Analysis disampaikan oleh Anik Anekawati. Ketiga, Praktik Dasar Penggunaan Rasch Analysis disampaikan oleh Helliyatul Matlubah.(*/faj)