Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Ragam Seni Meriahkan Madura Culture Festival 2023 di Sumenep, Bupati Harap Hubungan Antardaerah Makin Erat

Media Jatim
Seni
(Dok. Media Jatim) Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo saat menghadiri Madura Culture Festival 2023 di Stadion A. Yani Pangligur Sumenep 26 Agustus 2023.

Sumenep, mediajatim.com — Beragam seni dan budaya dari berbagai kabupaten dan kota di Madura dan wilayah Tapal Kuda Jawa Timur (Jatim) tampil di Madura Culture Festival 2023 pada 26 Agustus 2023.

Banner Iklan Media Jatim

Kegiatan yang digelar oleh Pemkab Sumenep ini berlangsung di Stadion A. Yani Panglegur, Kecamatan Kota.

Ribuan penonton hadir menyaksikan ragam pertunjukan seni tersebut.

Empat kabupaten di Madura dan enam kabupaten dari wilayah Tapal Kuda Jatim berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo berharap, Madura Culture Festival 2023 ini bisa membangun jejaring dan meningkatkan kerja sama antardaerah menjadi semakin erat.

Baca Juga:  Sumbang 45 Data set Aktual pada Program Kerja Pemerintah, RSUD Smart Pamekasan Dapat Apresiasi

“Ini semua kami lakukan dalam rangka mengembangkan pembangunan di segala sektor, demi kesejahteraan masyarakat,” singkatnya.

IMG-20240908-WA0006
IMG-20240908-WA0007
IMG-20240907-WA0007

Diketahui, ragam penampilan dalam acara ini, yaitu Tari Gebyar Sumekar dari Sumenep, Tari Sang Cebbing dari Pamekasan, Tari Nyello’ Aeng dari Sampang dan Tari Praban Prekas dari Bangkalan.

Kemudian, juga ada Tari Gandrong Jaran Goyang dari Banyuwangi, Tari Kaldera Ijen Purba dari Bondowoso, Tari Godril Kreasi dari Lumajang, Tari Sekar Gadung dari Pasuruan, Tari Mantan Tebu dari Situbondo dan Tari Glipang dari Probolinggo.

Baca Juga:  Pemkab Pamekasan Bakal Bantu Perbaiki Puluhan Rumah Warga Kadur yang Rusak Diterjang Angin

Selain pertunjukan tari, panitia juga mempersembahkan musik tongtong sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Sumenep.

Adapun grup-grup tongtong yang tampil dalam kegiatan ini, yaitu Baladewa dari Kecamatan Kalianget beserta Penari Sanggar Tari Baladewa dan Angin Ribut dari Kecamatan Pasongsongan beserta Penari Sanggar Tari Potre Koneng.

Selain itu, juga tampil dalam Madura Culture Festival 2023 ini, grup tongtong Pangeran Wiraraja dari Kecamatan Saronggi beserta Penari Sanggar Tari Gayatri dan Putra Saghara dari Kecamatan Pragaan beserta Penari Sanggar Tari UNIBA.(hel/faj)