WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Rayakan HUT ke-24, Dharma Wanita Persatuan Sumenep Gelar Donor Darah dan Pap Smear untuk Masyarakat

Media Jatim
Dharma Wanita Sumenep
(Joni Suhartono/Media Jatim) Dharma Wanita Persatuan Sumenep menggelar kegiatan donor darah di Kantor PMI setempat, Kamis (16/11/2023).

Sumenep, mediajatim.com — Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sumenep menggelar acara donor darah di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) setempat, Kamis (16/11/2023).

Kegiatan donor darah ini merupakan rangkaian dari acara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita ke-24.

Ketua DWP Sumenep Chusnul Chotimah mengatakan bahwa kegiatan donor ini telah menjadi program rutin yang biasa dilaksanakan dua kali setahun.

“Pertama dalam rangka Hari Palang Merah Internasional pada bulan Mei, dan yang kedua HUT Dharma Wanita ke-24,” kata perempuan yang karib disapa Ima itu, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga:  DPRD Sebut Dua Sepeda Motor Ambulans Dinkes Pamekasan Rp92 Juta Tak Disetujui Banggar

Adapun tujuan donor darah ini, sambung Ima, ialah untuk menolong sesama dan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

“Karena setetes darah sangat berarti bagi jiwa orang lain,” tuturnya.

Banner Iklan Media Jatim

Peserta donor kali ini ialah para anggota DWP beserta keluarga dan masyarakat umum.

Jumlah yang sudah mendonor sekitar 43 dari 58 orang yang menndaftar. 15 orang gagal karena tensi dan hemoglobin rendah atau tinggi.

Yang berbeda tahun ini, imbuh Ima, DWP memiliki program filantropi baru yakni Pap Smear atau pemeriksaan untuk mendeteksi kanker serviks.

Baca Juga:  Jelang Puncak Kemarau, 8 Desa di Sumenep Alami Kekeringan Kritis

“Pemeriksaan Pap Smear dapat mendeteksi adanya sel-sel asing pada leher rahim yang berpotensi berkembang menjadi kanker,” jelasnya.

Untuk pemeriksaan Pap Smear, tambah Ima, harapannya, semoga para ibu bisa mendeteksi dini kanker serviks dan bisa segera diobati.

Untuk sementara, lanjut Ima, warga yang mengikuti pemeriksaan Pap Smear kurang lebih 30 orang.(mj21/ky)