WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Tingkatkan Mutu, UNIJA Laksanakan Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi PGSD selama Dua Hari

Media Jatim
UNIJA Sumenep
(Joni Suhartono/Media Jatim) Rektor UNIJA Madura Sjaifurrachman menyampaikan sambutan pada acara Asesmen Lapangan Prodi PGSD di Graha Sumekar kampus setempat, Selasa (21/11/2023).

Sumenep, mediajatim.com — Universitas Wiraraja (UNIJA) Madura menggelar Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Graha Sumekar kampus setempat Selasa-Rabu (21-22/11/2023).

Akreditasi Prodi ini dilakukan sebagai wujud dari upaya penjaminan mutu eksternal kualitas pendidikan di kampus UNIJA Madura.

Rektor UNIJA Madura Sjaifurrachman mengatakan bahwa akreditasi ini juga wujud dari komitmen kampus untuk meningkatkan kualitas dan mutu penyelenggaraan pembelajaran.

“Sistem penjaminan mutu internal dilakukan melalui pelaksanaan audit mutu internal, sementara, sistem penjaminan mutu eksternal melalui akreditasi Prodi,” paparnya, Selasa (21/11/2023).

Saat ini, tambah Sjaifur, UNIJA telah memiliki tujuh fakultas, 19 program studi, empat lembaga, empat biro dan 8 unit pelaksana teknis serta program pascasarjana.

Baca Juga:  Bank Jatim Sumenep Bersama Disdik Gelar JJS HGN 2023 Berhadiah Paket Umrah!

“Semuanya saling berkoordinasi dan bahu-membahu membangun serta meningkatkan kualitas UNIJA dari waktu ke waktu,” ujarnya.

Pelaksanaan akreditasi Prodi ini, lanjut Sjaifur, adalah usaha kampus untuk memenuhi standar pendidikan tinggi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Banner Iklan Media Jatim

“Sehingga kampus bisa menghasilkan lulusan terbaik dan berprestasi di tingkat global, dan memegang teguh karakter kebangsaan,” imbuhnya.

Sjaifur berharap akreditasi ini bisa mendapatkan hasil yang sesuai harapan dan apa yang telah diupayakan. “Harapannya sesuai dengan Renstra UNIJA untuk unggul di tingkat Nasional,” tuturnya.

Sementara itu, Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik) Minsih mengatakan bahwa asesmen lapangan ini bukan dalam rangka mencari kesalahan, tetapi, untuk membangun budaya mutu.

Baca Juga:  Figur Wakil dari Pantura Disebut Bakal Jadi Kuda Hitam di Pilkada Pamekasan 2024

“Pendampingan ini bertujuan untuk mendorong dan membangun budaya mutu perguruan tinggi,” ungkapnya, Selasa (21/11/2023).

Minsih juga memaparkan bahwa di setiap kampus sudah ada lembaga penjaminan mutu yang memastikan Tri Dharma Perguruan Tinggi berjalan dengan baik.

“Berdasarkan dokumen yang telah kami periksa, kami yakin Prodi PGSD di UNIJA berjalan dengan baik sesuai aturan. Harapan kami sebagai tim dari Lamdik, berkualitas itu harus menjadi kebiasaan,” paparnya.

Kegiatan asesmen lapangan ini dihadiri Wakil Rektor I, II dan III, Tim Asesor Lamdik, Pimpinan Fakultas dan Pascasarjana, Pimpinan Satuan Kerja, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, sejumlah dosen dan mahasiswa UNIJA.(mj21/ky)