Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

Panwascam Rekom Pecat Dua PPS Penerima Amplop Uang dari Caleg PAN Pamekasan

Media Jatim
Amplop Caleg Pan Pamekasan
(Ongky Arista UA/Media Jatim) Ilustrasi amplop uang dari Caleg PAN Rp50 ribu.

Pamekasan, mediajatim.com — Panwascam Pademawu, Kabupaten Pamekasan, telah menyerahkan rekomendasi pemecatan dua PPS Lawangan Daya berinisial S dan DP ke Bawaslu setempat, Senin (11/12/2023).

Sebagaimana diberitakan mediajatim.com pada 22 November 2023 lalu, dua PPS tersebut telah menerima amplop berisi uang dari Caleg PAN Dapil V Pamekasan Hudan Nashihin dalam sebuah acara pertemuan.

Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Panwascam Pademawu M. Tosan mengatakan bahwa kedua PPS tersebut terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan.

“Rekomendasi itu kami keluarkan berdasarkan hasil kajian klarifikasi Caleg PAN, pelapor, dua PPS serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), termasuk bukti-bukti,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Senin (11/12/2023).

Banner Iklan Media Jatim

Dia menambahkan, rekomendasi pemecatan tersebut dipilih sebab tindakan dua PPS Lawangan Daya dinilai masuk pelanggaran kode etik berat.

Baca Juga:  Soroti Pemerataan Pendidikan Jelang PPDB, Pj Bupati Bangkalan Minta Korwil Hapus Label Sekolah Favorit

“Nanti setelah disampaikan ke KPU Pamekasan, maka diberi waktu tujuh hari untuk melakukan tindak lanjut, namun jika tidak diindahkan, maka ada konsekuensi lain,” jelasnya.

Jika tetap tidak dilakukan, Tosan mengaku akan memanggil KPU setempat untuk mempertanyakan alasan tidak adanya tindak lanjut.

“Untuk dugaan pelanggaran oleh pemberi amplop, Caleg PAN, kami masih menunggu laporan, sehingga kemudian bisa dikaji persoalannya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Pamekasan Fathor Rachman mengaku akan segera menindaklanjuti rekomendasi tersebut.

Baca Juga:  Aktivis Desak Diskop UMKM dan Perindag Sumenep Tangani Empat Pasar yang Belum Beroperasi

“Saya masih rakor di Malang saat ini, kalau sudah di Pamekasan, akan segera ditindaklanjuti,” tukasnya.(rif/ky)