Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Pemkab Pamekasan Bakal Salurkan Bantuan untuk 57 Gedung Rusak Akibat Hujan dan Angin Kencang

Media Jatim
Bantuan
(Dok. Pemkab Pamekasan) Pj Bupati Pamekasan Masrukin saat menyerahkan bantuan sembako kepada warga terdampak bencana di Kecamatan Palengaan, Kamis (19/1/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — Pemkab Pamekasan akan memberikan bantuan untuk 57 bangunan yang rusak akibat hujan deras disertai angin kencang, Selasa (16/1/2024) lalu.

Banner Iklan Media Jatim

Bantuan tersebut rencananya akan diberikan untuk meringankan beban warga saat memperbaiki bangunannya yang rusak.

“Kami akan berupaya untuk memberikan bantuan kepada warga terdampak musibah angin tersebut,” ungkap Pj Bupati Pamekasan Masrukin saat mengunjungi lokasi bencana di Desa Panaan dan Potoan Laok, Kamis (18/1/2024) kemarin.

Namun sebelum itu, tutur Masrukin, Pemkab akan melakukan survei terlebih dahulu untuk menghitung seluruh kerugian yang diderita warga akibat bencana tersebut.

Baca Juga:  BPJS Kesehatan Pastikan Layanan Tak Tersendat selama Cuti Lebaran 2024

“Untuk besaran bantuannya, nanti akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” imbuhnya.

Dalam kunjungannya ke lokasi terdampak, Masrukin juga menyerahkan bantuan kepada warga terdampak berupa sejumlah sembako.

IMG-20240908-WA0006
IMG-20240908-WA0007
IMG-20240907-WA0007

“Bantuan sembako barangkali bisa meringankan kebutuhan warga sehari-hari. Meski hanya sampling, semoga bisa mencukupi kebutuhan dalam jangka seminggu,” ucapnya.

Masrukin menyarankan, untuk mengantisipasi kejadian serupa, ranting-ranting pohon besar harus ditebas, terutama yang dekat dengan pemukiman warga.

“Kita tidak bisa mengantisipasi kekuatan angin, namun kita bisa mengantisipasi kejadian serupa tidak terulang kembali,” ujarnya.

Baca Juga:  Relawan Jokowi 'Letho' Beri Jempol Atas Prestasi Erick Thohir dalam Mengelola BUMN

Pihaknya mengaku prihatin atas peristiwa hujan dan angin yang menerjang puluhan bangunan warga. “Kami berharap, masyarakat lebih waspada bila ada angin kencang disertai hujan,” pungkasnya.

Diketahui, Pj Bupati Masrukin hadir ke lokasi bencana didampingi Dinas Sosial (Dinsos), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Pamekasan.

Selain berkunjung ke Desa Panaan dan Potoan Laok, Masrukin juga berkunjung ke Pondok Pesantren Miftahul Umum Panyepen yang juga menjadi lokasi terdampak angin kencang.(rif/faj)