WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Jadi Rujukan Penyakit Jantung di Madura, RSUD Smart Pamekasan Siap Operasikan Cath Lab Pertengahan 2024

Media Jatim
Jantung
(Fitria M/Media Jatim) Mesin Cath Lab RSUD Smart Pamekasan, Kamis (18/1/2023)

Pamekasan, mediajatim.com – RSUD dr. Slamet Martodirdjo (Smart) Pamekasan akan membuka Layanan Kateterisasi Jantung atau yang dikenal dengan Cath Lab (Catetherization Cardiac Laboratory) pada pertengahan 2024.

Berdasarkan Keputusan Kementerian Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/1341/2023, RSUD Smart Pamekasan resmi ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan pelayanan jantung (kardiovaskular) untuk wilayah Madura.

Direktur RSUD Smart Pamekasan dr. Budi mengatakan, secara fisik, baik gedung dan peralatan sudah siap membuka layanan Cath Lab. Namun perlu izin Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) agar layanan ini beroperasi.

“Izin Bapeten sangat penting sebagai legalitas untuk layanan ini bisa beroperasi. Begitu izin keluar baru kita bisa pengajuan kerja sama dengan BPJS,” jelasnya, Senin (22/1/2024).

Izin dari Bapeten, kata dr. Budi, menjadi hal penting untuk mengoperasikan layanan Cath Lab ini. Mengingat, peralatannya berbasis radiografi sehingga diperlukan legalitas untuk bisa dioperasikan.

Baca Juga:  6 Desa di Saronggi Sumenep Kekurangan Surat Suara Pemilu 2024

“Tanpa izin dari Bapeten, layanan ini tidak bisa dioperasikan. Jadi, izin ini adalah legalisasi untuk melakukan operasional yang aman bagi semua elemen yang bertugas, karena alat ini mengeluarkan radiasi yang menyebabkan masalah kesehatan jika terpapar,” tutur dokter spesialis mata RSUD Smart Pamekasan itu.

Banner Iklan Media Jatim

dr. Budi juga menjelaskan, dengan adanya layanan ini akan semakin banyak masyarakat yang tertolong jika ada yang mengalami masalah jantung, karena tidak perlu lagi dirujuk ke rumah sakit lain.

“Kegawatdaruratan jantung bisa terjadi di mana pun dan kapan pun, dan harus ditangani segera. Jadi adanya layanan ini bisa menyegerakan penanganan dengan memangkas waktu yang diakibatkan oleh jarak,” ujarnya.

Baca Juga:  Dishub Sampang Angkat Bicara Terkait Pelat Mobil Dinasnya yang Mati

Sementara dokter spesialis jantung RSUD Smart Pamekasan dr. Vitriyaturrida mengatakan SDM
untuk layanan ini juga sudah dipersiapkan.

“Dari segi SDM kami sudah siap. Konsultan intervensinya ada saya, perawat ada empat, dokter anastesi ada dr. Aceng, ada radiografer dan fisikawan medis juga,” ungkapnya, Jumat (19/1/2024).

Perempuan yang akrab disapa dr. Vitri itu menambahkan, jika Cath Lab ini sudah beroperasi, RSUD Smart Pamekasan akan bisa membuka layanan medis di bidang jantung. “Seperti kateterisasi jantung, ⁠pemasangan ring dan pacu jantung, serta ⁠pericardiocintesis (pengambilan cairan yang menumpuk sekitar jantung, Red.),” pungkasnya.(fit/faj)